11 Feb 2020
  |  
Dilihat : 221 kali

BPJS Kesehatan Depok Teken Kerja Sama Dengan Klinik Van Medika

Depok, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus memperluas jangkauan fasilitas kesehatan sebagai mitra kerjanya untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan Penandatanganan Kerja Sama antara BPJS Kesehatan Cabang Depok dengan Klinik Van Medika, Selasa (11/02).

Kegiatan penandatanagan kerja sama ini dilakukan melihat adanya pertumbuhan peserta JKN-KIS yang semakin meningkat dan membutuhkan fasilitas kesehatan untuk meunjang mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal. Dengan begitu, seluruh peserta JKN-KIS tidak perlu risau untuk memilih fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengungkapkan bahwa banyaknya FKTP yang bekerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan kualitas pelayanan tetap terjaga. Disamping itu, penguatan fungsi promotif dan preventif juga perlu terus digalakkan agar Program JKN-KIS tetap dapat berjalan dengan optimal.

“Sampai desember 2019 ada 134 FKTP yang bekerja sama di Kota Depok. Tapi memasuki tahun 2020, ada penambahan 3 Puskesmas di bulan januari kemarin dan ada 2 klinik di bulan februari ini,” ujar Elisa di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Selasa (11/02).

Menurutnya, dengan kegiatan penandatanganan kerja sama yang dilakukan, menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan pelayana kepada peserta. Ia menekankan bahwa Klinik Van Medika harus siap untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada peserta JKNM-KIS tanpa melakuka diskriminasi terhadap peserta manapun.

“Dengan resminya Klinik Van Media sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan, mereka harus dengan siap memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS tanpa membeda-bedakan status jaminan kesehatan pasien, karena itu yang menjadi focus utama kami,” tambah Elisa.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Klinik Van Medika Novandra mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk mendukung suksesnya Program JKN-KIS. Menurutnya, Klinik Van Medika akan menerapkan berbagai inovasi untuk memastikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS khususnya di Klinik Van Medika. Ia pun akan mengintegrasikan sistem antrian online yang saat ini sedang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dengan sistem antrian di Klinik Van Medika.

“Disamping itu, bentuk dukungan kami yang lainnya yaitu dengan penguatan fungsi promotif preventif seperti sering melakukan penyuluhan atau sosialisasi tentang kesehatan kepada warga sekitar. Saat ini kami sudah menggandeng 4 rukun warga dan kemungkinan akan diperbesar lingkupnya. Klinik kami juga buka hingga hari minggu, sehingga peserta JKN-KIS terus bisa mengakses pelayanan,” ujar Novandra. (DT/mr)