11 Feb 2020
  |  
Dilihat : 85 kali

Turun Kelas Makin PRAKTIS dengan Adanya BPJS PRAKTIS

Jakarta Selatan, Jamkesnews - BPJS Kesehatan senantiasa terus menghadirkan kemudahan kepada peserta untuk mengakses pelayanan administrasi dan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan. Apalagi setelah adanya Peraturan Presiden No 75 tahun 2019 tentang penyesuaian iuran, BPJS Kesehatan menghadirkan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk melakukan perubahan hak kelas rawat lewat BPJS PRAKTIS.

PRAKTIS atau kependekkan dari Perubahan Kelas Tidak Sulit adalah program yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta mandiri untuk dapat melakukan penurunan kelas tanpa perlu menunggu masa satu tahun kepesertaannya. Terhitung mulai tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020 peserta JKN-KIS dapat melakukan perubahan kelasnya. 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan Christin mengatakan bahwa hadirnya program PRAKTIS merupakan upaya untuk memudahkan peserta dalam menurunkan kelasnya tanpa perlu menunggu selama satu tahun masa kepesertaannya.

“Program BPJS PRAKTIS ini memudahkan peserta untuk melakukan perubahan kelas dengan cepat. Sehingga peserta tidak perlu menunggu satu tahun masa kepesertaannya apabila status kepesertaanya terdaftar sebelum 1 Januari 2020. Peserta yang menunggak iuran juga dapat mengajukan penurunan kelas dengan catatan status kepesertaannya akan aktif sampai tunggakkan selesai dibayarkan,” tutur Christin pada Senin (10/02).

Christin menambahkan penurunan kelas dapat diturunkan menjadi dua tingkat dari kelas sebelumnya dan hanya berlaku bagi satu keluarga yang sudah terdaftar sebelum tanggal 1 Januari 2020. “Peserta dapat melakukan penurunan dua tingkat dari kelas sebelumnya, misal awalnya dari kelas 1 lalu turun menjadi kelas 3. Namun, penurunan kelas ini hanya berlaku bagi satu keluarga yang telah terdaftar sebelum tanggal 1 Januari 2020.” Ujar Christin.

Kemudahan ini telah banyak dirasakan oleh warga Jakarta Selatan yang telah melakukan penurunan kelas . Ahmad mengaku senang dengan adanya PRAKTIS, beliau mengatakan program ini memudahkannya untuk menurunkan kelasnya tanpa harus menunggu terlebih dahulu kepesertaannya sampai satu tahun.

“Ketika saya tahu kalau ternyata bisa mengajukan penurunan kelas tanpa harus menunggu waktu satu tahun. Saya langsung datang ke kantor cabang ini untuk mengurusnya. Alhamdulillah semua telah terurus dengan cepat dan mudah," ujar Ahmad.

Sebagai informasi, penurunan kelas perawatan tidak hanya dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan tetapi juga dapat dilakukan melalui Mobile Customer Service (MCS), aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.