11 Feb 2020
  |  
Dilihat : 80 kali

Pelayanan MCS BPJS Kesehatan Kian Diperluas

Balikpapan, Jamkesnews – Memasuki tahun 2020, BPJS Kesehatan kian meningkatkan kualitas layanan baik dari segi kemudahan layanan maupun penambahan jumlah kanal-kanal layanan. BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan biasanya memberikan pelayanan dikantornya sendiri, akan tetapi ada hal berbeda yang dilakukan oleh intansi penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tersebut. Kanal-kanal layanan kian diperluas untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN-KIS. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Sugiyanto menyebutkan pihaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan menambahkan jumlah titik layanan.

“Tahun ini kami fokus untuk meningkatkan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS, maka dari itu kami coba untuk  menambah titik-titik layanan agar layanan dapat mudah diakses oleh masyarakat. Selain dikantor Cabang, layanan BPJS Kesehatan dapat diakses oleh masyarakat melalui pelayanan Mobile Customer Service (MCS) yang buka layanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, kegiatan Car Free Day  di Lapangan Merdeka Kota Balikpapan serta MCS yang bergantian jadwal layanan disetiap puskesmas atau kelurahan di Kota Balikpapan,” ujar Sugiyanto.

Untuk layanan MCS di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibuka setiap hari senin sampai dengan rabu mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang dan untuk layanan MCS di kegiatan Car Free Day dibuka setiap hari minggu mulai pukul 7 pagi hingga pukul 9 pagi sementara untuk layanan MCS yang dibuka di hari kamis dan jumat setiap minggunya dilakukan di setiap puskesmas atau keluarahan secara bergantian setiap minggunya.

Sementara salah satu peserta JKN-KIS, Herman merasakan langsung pelayanan MCS ini. Ia mengapresiasi adanya layanan ini yang dianggapnya memudahkan bagi peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan.

“Adanya ini sangat-sangat bagus, melakukan peralihan peserta bisa langsung segera dilayani dengan waktu yang tidak lama. Lebih cepat dan lebih mudah sih dibandingkan dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup disini saja bisa sambil olahraga juga,” ujarnya saat dikunjungi layanan MCS pada kegiatan Car Free Day.

Selain itu, Heni salah satu peserta yang berkunjung layanan MCS di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan menyebutkan pelayanan disini lebih cepat karena bisa urus yang lainnya juga.

“Bermanfaat dan mempermudah sekali bagi saya, disini lebih cepat dan lebih dekat. Hari ini saya mengambil akte kematian orang tua saya lalu setelah itu melakukan penonaktifkan kepesertaan orang tua saya diloket BPJS Kesehatan, jadi ngurusnya satu tempat aja,” ujar Heni (KA/yo)