10 Jan 2020
  |  
Dilihat : 1013 kali

Berikan Perhatian Khusus Kesehatan Masyarakatnya, Sabu Raijua Kibarkan UHC di Nusa Tenggara Timur

Kupang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Kupang bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama tentang Jaminan Kesehatan bagi penduduk Kabupaten Sabu Raijua pada Kamis (09/01). Dengan demikian maka 97,04% dari 92.648 penduduk Kabupaten Sabu Raijua sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Sebelumnya, kuota peserta yang ditanggung oleh Pemda Sabu Raijua adalah 22.072 Jiwa dan terdapat penambahan sebanyak 928 jiwa pada tahun 2020. Hal ini menjadikan Kabupaten Sabu Raijua merupakan salah satu dari enam kabupaten di Provinsi NTT yang persentase kepesertaan JKN-KIS di daerahnya melebihi 95%.

Bupati Kabupaten Sabu Raijua, Nikodemus N. Rihi Heke, menyampaikan bahwa masalah kesehatan dan JKN-KIS ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua.

“Yang di maksud hak sipi disini ialah hak dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga negara yaitu dalam hal kesehatan, bagaimana agar masyarakat bisa terlayani dalam hal kesehatan. Kesehatan merupakan kebutuhan dasar,” ucap Rihi Heke.

Kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua ini mengadopsi sistem Non Cut Off yaitu kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah tersebut langsung aktif tanpa menunggu bulan berikutnya. Penduduk yang didaftarkan langsung masuk ke dalam masterfile kepesertaan BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama Rihi Heke memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan karena pelayanan kesehatan yang ada sudah dapat dirasakan oleh masyarakat bahkan sampai dengan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Selain itu juga terkait kemudahan bayi baru lahir yang bisa dilayani dengan Program JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Fauzi Lukman Nurdiansyah, yang hadir dalam penandatanganan tersebut juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raijua yang sudah secara terus-menerus menjamin hampir seluruh penduduknya dalam program JKN-KIS. Secara data sudah 97% dan mencapai UHC dan secara jiwa sudah 92.648 jiwa dari total jumlah penduduk Kabupaten Sabu Raijua,” tutup Fauzi. (ay/tp)