10 Jan 2020
  |  
Dilihat : 62 kali

BPJS SATU HADIR UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN OPTIMAL

Ende, Jamkesnes –  Dalam rangka memberikan kemudahan dan pelayanan yang optimal BPJS Kesehatan senantiasa menjaga kualitas dalam hal pelayanan maupun kepuasaan Peserta JKN-KIS  yaitu dengan meluncurkan program BPJS Siap Membantu atau disebut dengan BPJS SATU!. Program tersebut merupakan  program yang dilaksanakan untuk optimalisasi petugas pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dan mendapatkan customer feedback kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap di Rumah Sakit Umum Ende (10/01).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Ende Hendry Mario Sani Nggadas mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk komunikasi dengan pasien rawat jalan maupun rawat inap di Rumah Sakit Ende. Sehingga dari kegiatan tersebut didapatkan kritik maupun saran yang menjadi evaluasi untuk BPJS Kesehatan untuk  perbaikan menjadi lebih baik.

“Kami lakukan kunjungan ke peserta untuk mendapatkan informasi langsung terkait pelayanan yang didapatkan oleh pasien dari rumah sakit. Kami juga memastikan bahwa tidak ada pembelian obat secara pribadi yang harus ditanggung oleh peserta,” ujar Hendry.

Dari hasil kegiatan tersebut, petugas PIPP yang melakukan kunjungan ke rumah sakit juga akan melakukan penyampaian kepada pihak rumah sakit apabila perlu dilakukan peningkatan maupun perbaikan mutu pelayanan. Misalnya memastikan ketersediaan obat untuk pelayanan peserta JKN-KIS sehingga tidak perlu adanya biaya pribadi dalam hal pembelian obat.

Sementara itu, salah satu peserta JKN-KIS yang juga merupakan pasien Rumah Sakit Umum Ende, mengatakan bahwa sangat senang dengan adanya pelayanan yang diberikan baik dari pihak Rumah Sakit maupun  BPJS Kesehatan.

“Saya mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat dari yang sebelumnya tidak saya pahami menjadi jauh lebih paham. Saya harapkan agar pelayanan saat ini tetap dapat dipertahankan tanpa mengurangi manfaat lainnya,” ujar Maria warga desa Wewaria ini.

Dengan diselenggarakannya BPJS SATU ini diharapkan  pemahaman   peserta  JKN-KIS  khususnya di RSUD Ende terhadap pelayanan maupun prosedur dapat dipahami. (ay/MR)