Pandemi COVID-19 dapat membuat orang hidup dalam kecemasan dan stres. Ketakutan dan kecemasan tentang penyakit baru dan ketakutan dengan hal yang mungkin terjadi bisa sangat membebani dan menyebabkan emosi yang kuat dan menyebabkan stres. Maka dari itu, mengatasi rasa cemas dan stres dengan cara yang sehat perlu dilakukan agar kualitas hidup Anda dan keluarga Anda tidak terganggu.

 

Merasa sedih, stres, bingung, takut atau marah selama krisis adalah hal yang wajar. Berbicara dengan orang yang Anda percaya dapat membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut. Hubungi teman atau keluarga Anda dan berbicaralah dengan mereka. Anda bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang tidak tinggal serumah dengan menggunakan telepon ataupun video call.

 

Selain menghubungi keluarga atau teman Anda, Anda juga dapat mengikuti tips ini untuk mengurangi rasa stres di saat pandemi:

  • Kurangi waktu yang Anda habiskan untuk menonton atau mendengarkan berita yang membuat Anda khawatir. Hal ini termasuk juga untuk mengurangi membaca berita yang membuat Anda merasa cemas yang ada di media sosial maupun internet.
  • Rawatlah kesehatan tubuh dan mental Anda. Anda bisa melakukan meditasi, makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup dan berkualitas.
  • Luangkan waktu untuk melepas stres dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai.
  • Jaga rutinitas Anda. Bekerja dari rumah, kuliah dan sekolah online, membuat rutinitas terganggu. Tetapi Anda tetap dapat menjaga rutinitas pagi, waktu bekerja, waktu makan dan waktu tidur Anda tetap konsisten. Dengan menjaga rutinitas ini setiap hari dengan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, Anda akan memiliki rasa kendali di tengah rasa ketidakpastian.

 

Sumber:

who.int

www.cdc.gov