Meditasi adalah proses melatih pikiran Anda untuk fokus dan mengarahkan pikiran sehingga Anda dapat memiliki pandangan yang jernih dan ketenangan.

 

Popularitas meditasi semakin meningkat karena semakin banyak orang menemukan banyak manfaat kesehatannya. Banyak orang melakukan meditasi sebagai cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Meditasi dapat meningkatkan suasana hati dan pandangan positif, disiplin diri, dan pola tidur yang sehat.

 

Berikut ini adalah manfaat meditasi:

 

1. Mengurangi stress

Mengurangi stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba meditasi.

 

Biasanya, stres mental dan fisik menyebabkan peningkatan kadar hormon stress kortisol. Hormon kortisol yang meningkat akan menyebabkan tubuh melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin. Akibatnya Anda bisa memiliki mengganggu tidur, meningkatkan depresi dan kecemasan, meningkatkan tekanan darah, kelelahan dan memiliki pemikiran yang keruh.

Berdasarkan jurnal penelitian yang dipublikasi di sciencedirect.com, peneliti melakukan studi mengenai meditasi selama 8 minggu. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa gaya meditasi mindfulness meditation (meditasi kesadaran) dapat mengurangi peradangan yang dipicu oleh stress 

Penelitian lain yang dilakukan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa meditasi juga dapat memperbaiki gejala kondisi terkait stres, termasuk sindrom iritasi usus besar, gangguan stres pasca-trauma, dan fibromialgia.

 

2. Mengontrol kecemasan

Meditasi dapat mengurangi tingkat stres dan mengurangi kecemasan. 

Sebuah meta-analisis di National Institutes of Health yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan. Khususnya, efek meditasi paling kuat ditemukan pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tertinggi.

Juga penelitian lain dari National Institutes of Health menemukan bahwa mindfulness meditation selama 8 minggu membantu mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan umum. Selain itu, meditasi juga memberikan peningkatan terhadap pandangan diri yang positif dan meningkatkan reaktivitas dan mengatasi stres.

Meditasi juga dapat membantu mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan. Satu studi menemukan bahwa karyawan yang menggunakan aplikasi mindfulness meditation selama 8 minggu mengalami peningkatan perasaan sejahtera, menurunkan stres dan ketegangan kerja, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Satu studi dari Oxford tentang program meditasi mindfulness dan menemukan bahwa orang yang bermeditasi dapat tidur lebih lama dan mengurangi tingkat keparahan insomnia, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Singkatnya, temuan ini menunjukkan bahwa meditasi mindfulness memiliki manfaat positif berdasarkan dengan yang dilaporkan pasien dan bisa menjadi pilihan pengobatan yang layak untuk insomnia kronis.

Menjadi ahli dalam meditasi dapat membantu Anda mengontrol atau mengarahkan pikiran yang sering kali menyebabkan insomnia. Selain itu, meditasi dapat membantu merilekskan tubuh Anda, melepaskan ketegangan, dan menciptakan keadaan yang damai yang membuat Anda lebih mudah untuk tertidur.

 

4. Dapat menurunkan tekanan darah

Meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dengan mengurangi ketegangan pada jantung.

Sebuah meta-analisis dari 12 studi National Institutes of Health yang melibatkan hampir 1000 peserta menemukan bahwa meditasi membantu mengurangi tekanan darah dan meditasi efektif pada sukarelawan yang lebih tua dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum penelitian.

 

 

Sumber:

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0889159112004758

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/

https://academic.oup.com/sleep/article/37/9/1553/2416992#125077147