Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah massa otot bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan bagi orang lain.

 

Namun, hanya menambahkan makanan tertentu ke dalam menu makanan, Anda dapat membuat usaha Anda dalam menambahkan berat badan menjadi lebih sehat dan lebih efektif.

 

Berikut adalah makanan terbaik untuk membantu Anda menambah berat badan atau menambah otot, dengan cara yang sehat seperti yang dilansir dari healthline.com:

 

1. Susu

Susu merupakan minuman yang telah digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangun otot sejak lama.

 

Berdasarkan FoodData Central, susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik dan merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya.

 

Bagi mereka yang mencoba menambah massa otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey protein. Penelitian bahkan menunjukkan hal itu dapat membantu Anda menambah otot saat dikombinasikan dengan angkat beban.

 

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa susu, atau whey protein dan kombinasi kasein, dapat menyebabkan peningkatan massa otot pada yang lebih besar daripada sumber protein lainnya.

 

Cobalah minum satu atau dua gelas susu murni (149 kalori per cangkir), dengan makanan, atau sebelum dan setelah berolahraga.

 

2. Daging merah

Daging merah mungkin salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan massa otot.

 

Misalnya, 6 ons (170 gram) daging steak mengandung sekitar 5 gram leusin.

 

Menurut FoodData Central, leusin adalah asam amino kunci yang dibutuhkan tubuh Anda untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru. Leusin juga mengandung 456 kalori dan hampir 49 gram protein.

 

Selain itu, daging merah adalah salah satu sumber kreatin makanan alami terbaik, yang bisa menjadi suplemen pembentuk otot terbaik di dunia.

 

Untuk menambah massa otot, pilihlah untuk memilih potongan yang lebih berlemak. Daging yang berlemak dapat membantu Anda menambah kalori dan menambah berat badan karena memberikan lebih banyak kalori daripada daging yang tidak berlemak. Daging tanpa lemak dan berlemak adalah sumber protein yang bagus, meskipun daging berlemak dapat menyediakan lebih banyak kalori, yang membantu Anda menambah berat badan.

 

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat.

 

Tidak seperti buah utuh lainnya, alpukat memiliki kalori yang cukup padat sehingga merupakan makanan yang bagus untuk membantu Anda menambah berat badan.

 

Berdasarkan USDA Food Composition Databases, satu buah alpukat besar menyediakan sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat.

 

Alpukat juga kaya vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

 

4. Keju

Keju telah menjadi makanan favorit banyak orang.

 

Keju merupakan makanan yang tinggi kalori dan lemak. Berdasarkan FoodCentral, hanya 1 ons keju cheddar (28 gram) memiliki 110 kalori dan 7 gram protein.

 

Karena keju enak, Anda dapat memasukkannya ke dalam sebagian besar hidangan sehingga Anda dapat dengan mudah menambah kalori ekstra.

 

Namun, jika mengonsumsi keju, konsumsilah dalam jumlah yang sedang yak arena banyak keju yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

 

5. Telur utuh

Telur adalah salah satu makanan pembentuk massa otot tersehat. Telur menyediakan kombinasi protein berkualitas tinggi dan lemak sehat.

 

Sangat penting juga untuk memakan telur utuh. Faktanya, hampir semua nutrisi bermanfaat yang ada pada telur terdapat pada kuning telur.

 

6. Salmon dan ikan berlemak

Seperti daging merah, salmon dan ikan berlemak adalah sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting.

 

Dari semua nutrisi yang diberikan salmon dan ikan berlemak, asam lemak omega-3 termasuk yang paling penting dan terkenal.

 

Berdasarkan FoodData Central, hanya satu fillet 6-ons (170 gram) salmon yang sudah dipotong mengandung sekitar 250 kalori dan 12 gram lemak sehat. Paket porsi yang sama 37 gram protein berkualitas tinggi, yang membantu Anda dalam membangun massa otot atau menambah berat badan.

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI