26 Sep 2018
  |  
Dilihat : 5246 kali

Segarkan Ruangan dengan Tanaman Penghasil Oksigen

Kondisi lingkungan memang bisa mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang. Sejumlah karyawan yang setiap hari lebih banyak di dalam ruangan biasanya lebih rentan stress karena jenuh dan lelah, apalagi jika ruangan kerjanya sempit. Seperti Disa, seorang karyawati yang sebagian besar waktunya dihabiskan di belakang meja dan berhadapan dengan komputer. Dia merasa “sumpek” dan seakan sulit bernafas.

Hingga suatu ketika, dia bertemu dengan rekannya yang menyukai tanaman. Kemudian rekannya itu menyarankan agar Disa memasang tanaman di ruangan kerjanya. Setelah beberapa hari memasang dua pot sansevieria, perasaannya lebih nyaman. Entah sugesti atau memang tanaman itu ada manfaatnya. Teman-teman lainnya akhirnya ikut memasang tanaman dengan pot-pot mungil.

Menurut sebuah penelitian, tidak semua tanaman mengeluarkan karbondioksida dan menyerap oksigen di malam hari. Beberapa tanaman ternyata justeru menghasilkan oksigen di malam hari. Sehingga aman diletakkan di dalam ruangan.

Salah seorang pejabat di Bappenas, Ir Subandi juga meletakkan sejumlah tanaman di ruang kerjanya, Beberapa tanaman mungil diletakkan di atas fosil kerang menjadi penyegar sekaligus pemanis meja rapatnya. Ditambah lagi beberapa batu suiseki berukuran kecil mempercantik interior ruang kerjanya. Menurutnya, ruangan yang sehat bisa membawa suasana jiwa yang sehat.

Tanaman yang cocok sebagai tanaman ruangan (indoor plant), antara lain jenis sansevieria atau sering disebut dengan sansevira, kaktus, dan philodendron. Jenis sansevieria yang dikenal masyarakat adalah lidah mertua sangat cocok sebagai penghias ruangan sekaligus untuk menghisap polusi. Tanaman sansevieria bisa membersihkan udara dan menghilangkan formalhedida (metanal) di udara. Jenis sanseviera kini sangat beragam, tersedia jenis sanseviera mini hasil persilangan, sehingga bentuk daun menjadi sangat bervariasi.

Sansevieria sangat mudah perawatannya, cukup disemprot dengan air. Sesekali atau minimal tiga hari sekali disinari matahari, diletakkan di dekat jendela yang terkena sinar matahari atau di ditaruh di luar ruangan karena meskipun tahan di dalam ruangan, namun setiap tanaman masih tetap memerlukan sinar matahari dan vitamin. Oleh karena itu, sebaiknya mempunyai beberapa pot agar secara bergantian bisa dipasang di dalam ruangan setiap hari.

Tanaman indoor lainnya yaitu kaktus. Tanaman ini juga menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida di malam hari. Oleh karena itu, sangat cocok ditaruh di ruang kerja, bahkan baik diletakkan di ruang tidur, karena dapat membantu menambah oksigen sehingga membuat orang di ruangan itu nyaman dan tidur nyenyak.