Mengubah gaya hidup, salah satunya dengan mengubah pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengikuti diet bergizi dan diet untuk jantung yang sehat disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu dalam diet Anda, terutama yang tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, dapat mengurangi tingkat tekanan darah Anda. Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah Anda:

 

1. Pisang

Pisang mengandung banyak kalium, mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola hipertensi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram kalium.

Menurut American Heart Association, kalium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Namun, jika Anda memiliki penyakit ginjal, Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang kalium, karena terlalu banyak bisa berbahaya.

 

2. Buah kiwi

Para peneliti dari National Institutes of Health, membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah yang sedikit tinggi.

Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Para peneliti menduga bahwa zat bioaktif dalam kiwi menyebabkan penurunan tersebut.

 

3. Seledri

Seledri adalah sayuran populer yang memiliki efek positif pada tekanan darah. Menurut penelitian dari National Institutes of Health, Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

 

4. Tomat

Menurut penelitian dari National Institutes of Health, Tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk kalium dan pigmen karotenoid likopen.

likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung. Dengan memakan makanan tinggi nutrisi seperti tomat, dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

 

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan antibiotik dan antibakteri alami.

Beberapa penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa bawang putih meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh, yang membantu otot polos untuk rileks dan pembuluh darah melebar. Hal ini dapat menurunkan hipertensi.

Satu studi lainnya melaporkan bahwa ekstrak bawang putih mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada orang hipertensi.

 

6. Bayam

Menurut National Institutes of Health, bayam mengandung nitrat yang tinggi. Bayam juga kaya dengan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons (500 mL) sup bayam dengan nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami pengurangan tekanan sistolik dan diastolik, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus dengan nitrat rendah.

Sup bayam juga mengurangi kekakuan pada arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

7. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda.

Menurut National Institutes of Health, Brokoli kaya akan dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. 

Sebuah studi lainnya yang menyertakan data dari 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 porsi atau lebih brokoli per minggu memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

 

Sumber:

healthline.com

medicalnewstoday.com

National Institutes of Health

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI