Jus wortel dari wortel yang utuh sangatlah bergizi.

 

Seperti yang dilansir dari Healthline.com, jus wortel tidak hanya mengandung kalium dan vitamin C tetapi juga sangat kaya akan provitamin A. Meminum jus wortel dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit.

 

Berikut ini enam manfaat jus wortel yang sangat mengesankan:

 

1. Meningkatkan metabolisme

Jus wortel mengenyangkan dan rendah kalori. Meminum jus ini untuk menggantikan minuman soda serta minuman manis lainnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

 

Jus wortel juga meningkatkan sekresi empedu yang merupakan cairan yang memecah lemak sehingga dapat meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah penelitian dari National Institutes of Health pada tahun 2006, peningkatan aliran empedu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan berat badan.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Terdapat perkataan bahwa makan wortel itu baik untuk kesehatan mata Anda. Ternyata ada kebenaran di balik klaim ini. Jus wortel adalah sumber beta-karoten yang baik dan salah satu antioksidan paling kuat. Tubuh manusia akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A.

 

Vitamin A membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi dalam memberikan penglihatan yang sehat. Minum jus wortel bisa menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan. Wortel juga mengandung lutein, yaitu antioksidan yang melindungi mata dari sinar yang merusak. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health pada tahun 1994 menemukan bahwa lutein dapat menurunkan risiko degenerasi makula yang merupakan kelainan mata yang menyebabkan kebutaan.

 

3. Memperbaiki gangguan kulit

Jika Anda memiliki riwayat masalah kulit, seperti ruam atau psoriasis, meminum jus wortel dapat memperbaiki penampilan kulit Anda. Wortel mengandung vitamin C yang memiliki khasiat penyembuhan. Vitamin C dapat membuat kulit pulih lebih cepat dari luka luar dan trauma. Beta-karoten dalam wortel juga mengurangi peradangan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

 

4. Meningkatkan sistem kekebalan

Jika Anda mengalami pilek atau flu, Anda dapat memperkuat sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan infeksi dengan menambahkan jus wortel ke dalam menu makanan harian Anda.

 

Wortel mengandung antioksidan yang membantu tubuh Anda melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Vitamin C dalam jus wortel memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dapat membantu Anda dalam menyembuhkan pilek atau flu.

 

5. Menurunkan kolesterol

Jika Anda mengalami kesulitan mengontrol kolesterol, pertimbangkan untuk menambahkan jus wortel ke menu makanan Anda. Sebagai sumber potasium yang sangat baik, jus wortel dapat membantu Anda menjaga tingkat kolesterol. Kadar kolesterol yang lebih rendah mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

6. Kehamilan yang lebih sehat

Minum jus wortel juga bermanfaat selama dan setelah kehamilan karena jus wortel kaya akan kalsium, folat, kalium, magnesium, dan tentu saja vitamin A.

 

Kalsium yang terdapat dalam just wortel dapat membantu janin dalam mengembangkan tulang rawan yang kuat, sedangkan folat dapat mencegah cacat lahir. Selain kalsium, vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga berperan sebagai antioksidan kuat dalam kehamilan. Vitamin ini dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, dan memberikan dorongan sistem kekebalan tubuh yang menurunkan risiko infeksi.