Kulit cantik, bersinar dan terlihat muda adalah impian setiap orang. Menggunakan sunblock tentulah sangat penting ketika kita beraktivitas di luar rumah agar kulit kita selalu terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat mempercepat. Tapi, apakah kalian tahu, Sahabat? Ternyata, selain paparan sinar matahari, makanan juga dapat mempercepat proses penuaan kulit kita, lho. berikut ini, makanan yang bisa mempercepat proses penuaan:

 

1. Kentang goreng

 

Kentang goreng merupakan salah satu makanan favorit karena digoreng dan asin.

 

Berdasarkan American Journal of Laboratory Medicine, makanan yang digoreng dalam minyak pada suhu tinggi melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena tindakan yang disebut cross-linking. Cross-linking memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.

 

Terlebih lagi, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat mengeluarkan air dari kulit dan menyebabkan dehidrasi. Itu mungkin membuat kulit kita lebih rentan terhadap kerutan.

 

Jika mau: ganti kentang goreng dengan ubi jalar yang bisa dipanggang ataupun digoreng. Ubi jalar kaya akan nutrisi yang membantu produksi kolagen.

 

2. Roti Putih

 

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, seperti roti putih, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.

 

Jika mau: Cobalah alternatif roti lain, seperti roti gandum yang tidak mengandung gula tambahan. Roti gandum juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kulit.

 

3. Gula Putih

Gula adalah salah satu penyebab masalah kulit yang tidak diinginkan seperti jerawat. Seperti disebutkan di atas, gula berkontribusi dalam merusak kolagen.

 

Jika mau: kita dapat mengonsumsi buah atau cokelat hitam saat ingin memakan sesuatu yang manis. Blueberry, secara khusus dapat mencegah hilangnya kolagen.

 

4. Margarin

Penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi margarin atau mentega memiliki kerusakan kulit dan kerutan yang lebih sedikit daripada mereka yang mengonsumsinya.

 

Selain itu, peneliti menemukan juga bahwa margarin memberi dampak lebih buruk daripada mentega  karena margarin mengandung minyak terhidrogenasi parsial yang tinggi. Asam lemak trans ini membuat kulit lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet, yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.

 

Jika mau: Ganti margarin dengan minyak zaitun yang kaya antioksidan untuk anti-penuaan.

 

5. Daging olahan

Hot dog, pepperoni, dan sosis adalah contoh daging olahan yang dapat berbahaya bagi kulit.

 

Daging ini kaya akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit yang dapat membuat kulit kering dan melemahkan kolagen. Untuk opsi protein lainnya yang lebih sehat, tukar daging olahan dengan telur atau kacang-kacangan.

 

Jika mau: Pilihlah daging seperti kalkun dan ayam karena kalkun dan ayam mengandung protein dan asam amino yang penting dalam pembentukan kolagen alami.

 

Sumber: healthline.com