23 Mar 2020
  |  
Dilihat : 296 kali

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH DENGAN BERJEMUR DI PAGI HARI, BANTU CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID 19

Narasumber :

Singaraja, Jamkesnews – Semakin banyaknya kasus positif terinfeksi Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia menyebabkan banyak alat-alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer dan thermal pun mengalami kelangkaan di pasaran dan apabila ada jumlahnya sangat sedikit dan harganya pun melambung tinggi.

Pasek Aries Hendra Sidartha, salah satu Duta BPJS Kesehatan Cabang Singaraja mengungkapkan, selain membekali diri dengan masker, hand sanitizer dan rajin cuci tangan, dapat juga mencegah penyebaran Covid-19 ini dengan menjaga daya tahan tubuh kita degan cara yang sederhana yaitu berjemur di pagi hari.

“Hampir setiap pagi kami sempatkan berjemur, tentu dengan memperhatikan social distancing juga antara satu pegawai dan pegawai lainnya. Virus tidak akan mampu masuk ke dalam tubuh seseorang apabila orang tersebut mempunyai daya tahan tubuh yang bagus,’’ ungkap Pasek

Sinar matahari pagi terbukti mempunyai banyak manfaat dan dapat dirasakan oleh setiap orang tanpa perlu mengeluarkan biaya. Beberapa manfaat dari sinar matahari pagi untuk kesehatan adalah sebagai sumber vitamin D, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kulit, menurunkan risiko kanker, mencegah diabetes, menguatkan sistem kekebalan tubuh, detoksifikasi tubuh, memperbaiki kualitas tidur dan memperbaiki sistem pencernaan.

“Sinar matahari pagi di saat seperti ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur dan virus. Waktu berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah pukul 9 dan waktu berjemur cukup 10-15 menit saja, karena pada waktu itu sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari terbentuk sempurna yang sangat bermanfaat bagi tubuh. UVB mempunyai manfaat yang besar karena mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita,” terang Pasek pada tim Jamkesnews.

Dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19, rajin mencuci tangan, melaksanakan social distancing, menjaga daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi, berjemur di pagi hari dan tindakan-tindakan preventif lainnya. Semoga dapat mencegah penyebaran covid-19 yang telah mendunia ini. (TI/dh)