09 Mar 2020
  |  
Dilihat : 170 kali

Edukas Peserta JKN-KIS Cuci Tangan Sesuai Anjuran WHO

Narasumber :

Soreang, Jamkesnews – Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk mencegah penyakit. Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A hingga 50%. Ketika kita mempertanyakan, mengapa harus mencuci tangan? ribuan bahkan jutaan kuman yang tidak kasat mata ada disekitar kita. Sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, kita akan melakukan kontak atau bahkan tidak mungkin untuk terhindar sama sekali. Karena itulah, kapan saja di saat kondisi badan lemah terutama anak-anak, sistem pertahan tubuh (immunitas) tidak mampu melawan keganasan (patogenitas) kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari, baik melalui makanan dan minuman, setelah bekerja, bermain ataupun keluar dari kamar kecil, yang pada akhirnya kita akan jatuh sakit.

Apalagi sekarang dengan begitu maraknya penyebaran virus corona membuat semua orang menjadi khawatir. Dalam kesempatan itu maka BPJS Kesehatan Cabang Soreang menggelar edukasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO. Dipimpin langsung oleh Heni Riswanti Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang dihadapan peserta yang berkunjung ke kantor, Senin (09/03).

“Ini salah satu upaya dari BPJS Kesehatan untuk melakukan edukasi, salah satu yang harus dilakukan rajin mencuci tangan, yang baik itu mencuci tangan adalah di air mengalir memakai sabun. Kalaupun kondisinya kita tidak ada air boleh menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol, karena kalau gak ada alkoholnya kumannya tidak akan mati,” ujar penjelasan awal Heni dihadapan peserta.

Lalu Heni pun menjelaskan tata cara membersihkan atau mencuci tangan menurut WHO, bagaimana cara menggosok telapak tangan dengan baik dan benar.

“Jadi bapak ibu kalau habis pegang apapun, pegang muka, pegang uang, kadang-kadang gak kerasa, naik angkot ngeluarin uang, lalu jajan, dan lupa cuci tangan. Jadi upayakan kita semua harus punya hand sanitizer yang mengandung alkohol. Di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang juga sudah tersedia hand sanitizer di sudut-sudut yang bisa terlihat agar bapak-ibu selalu senantiasa menjaga tangannya tetap bersih,” tutup Heni. (BS/ir)