04 Mar 2020
  |  
Dilihat : 85 kali

Cara Hidup Sehat Dengan Lakukan 5 Langkah Sederhana

Soreang, Jamkesnews – Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Itu sebabnya, penting untuk menjaga kesehatan mulai dari hal sederhana. Menurut dr. H. M. Yosa Effendi, MM. RS salah satu dokter di Klinik Ratnasari Sehat, klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Soreang mengatakan bahwa pola hidup sehat itu harus mulai dari diri sendiri. 

“Semua orang ingin sehat bukan!! Tapi disaat jatuh sakit terkadang ada suatu penyesalan kenapa disaat sehat tidak menjaganya dengan baik, jadi kalau kita mau sehat, mulai dari diri sendiri dulu benahi cara kita hidupnya,” ujar dr. Yosa pada saat ditemui di Kliniknya (04/03).

Apalagi pada saat musim hujan seperti ini, kunjungan pasien berobat ke Klinik Ratnasari Sehat pun meningkat tinggi. Artinya banyak orang yang sakit dikarenakan pola hidupnya yang belum teratur.

“Meskipun kita tidak perlu khawatir ketika sakit sudah punya kartu JKN-KIS, tapi tetap saja lebih baik sehat daripada sakit, maka dari itu ada beberapa langkah sederhana agar hidup kita sehat,” ujarnya.

Maka dari itu dr. Yosa menganjurkan untuk melakukan 3 langkah sebagai berikut: 

1. Hindari Stres

Saat kita merasa stres, semua sistem dalam tubuh kita akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan kita secara keseluruhan. Nah, oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kita stres.

2. Bijak Memilih Makanan

Apa yang kita makan tentu akan memengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Oleh sebabnya, penting bagi kita untuk memerhatikan setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari. Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, kita juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. kita bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.Dan perbanyaklah minum air putih setiap harinya.

3. Cuci tangan.

Sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat binatang.

4. Sempatkan olahraga setiap hari

Dengan aktif bergerak, tubuh kita akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Oleh karena itu, sesibuk apapun, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup. 

“Semoga dengan melakukan langkah sederhana tersebut kita selalu diberikan kesehatan, Amin,” tutup dr. Yosa. (BS/ir)