17 Feb 2020
  |  
Dilihat : 201 kali

Enam Makanan Ini Dapat Menurunkan Kolesterol Lho

Meningkatnya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut World Health Organization (WHO), sepertiga penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kolesterol tinggi. Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, tentunya kamu bisa mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Apa saja sih makanan itu? Yuk, simak pejelasan di bawah ini:

 

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah kelompok makanan nabati yang mencakup kacang, kacang polong dan lentil. Kacang-kacangan mengandung banyak serat, mineral dan protein. Mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan dalam makanan Anda dengan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

 

2. Alpukat

Mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat - dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL "buruk" dan meningkatkan kolesterol HDL "baik".

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

 

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel, adalah sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sangat baik. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan menurunkan risiko peradangan dan stroke. Tapi harus diingat yaa, cara paling sehat untuk memasak ikan adalah mengukus atau merebus karena ikan goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

 

4. Oat

Oat kaya akan jenis serat yang disebut beta glukan - yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Kamu dapat mengonsumsi oat setiap sarapan. Makan gandum dapat menurunkan kolesterol sebesar 5% dan kolesterol LDL "buruk" sebesar 7%

 

5. Buah-buahan

Banyak jenis buah kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu jenis serat  larut yaitu pektin yang dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Pektin dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.

Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena antioksidan dan efek anti-inflamasi. Memakan buah-buahan dapat membantu meningkatkan HDL "baik" dan menurunkan kolesterol LDL "buruk"

 

6. Dark Chocolate dan Kakao

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Penelitian dari Salah satu Jurnal di National Library Medition membuktikan bahwa cokelat hitam dan kakao dapat menurunkan kolesterol LDL "buruk".

Kakao dan cokelat hitam juga tampaknya melindungi kolesterol jahat LDL dalam darah kamu dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Namun, cokelat sering mengandung banyak gula - yang secara negatif memengaruhi kesehatan jantung. Karena itu, kamu harus memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-85% atau lebih tinggi.

 

 

https://www.who.int/gho/indicator_registry/en/

https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26348767