Tanjung Pandan, Jamkesnews – BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belitung atas komitmen yang tinggi dalam mempertahankan Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diraih sejak 30 Mei 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Wakil Bupati Belitung, Selasa (16/11). Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung dalam mendukung Program JKN-KIS.

“Pemerintah daerah merupakan stakeholder strategis BPJS Kesehatan dalam menyukseskan Program JKN-KIS. Kabupaten Belitung merupakan salah satu di antara 165 kabupaten/kota yang telah mencapai UHC dari total 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Ini tentunya merupakan prestasi yang membanggakan dan luar biasa,” sebutnya.

Selain itu, David juga sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Belitung dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melakukan berbagai terobosan yang inovatif.

Senada dengan hal tersebut Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menjelaskan program inovatif Pemerintah Kabupaten Belitung yang mendukung pelayanan kesehatan akan terus ditingkatkan.

“Pemerintah Kabupaten Belitung saat ini memiliki 16 program Inovatif yang telah berjalan dan salah satunya adalah Sistem Pelayanan Kesehatan Terintegrasi (SEHATI) yang mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan Sehati merupakan program pelayanan non kesehatan yang tidak termasuk di dalam Program JKN-KIS.

“Dengan program Sehati, pelayanan non kesehatan yang tidak masuk penjaminan Program JKN-KIS dapat dijamin di sana, seperti rumah singgah untuk masyarakat yang dirujuk, biaya pelayanan pesawat udara dan tambahan untuk akomodasi keluarga peserta yang dirujuk dari segmen PBPU BP Pemda,” tambahnya.

Isyak berharap dengan adanya sinergitas dan kerja sama inovasi antara Pemerintah Kabupaten Belitung dan BPJS Kesehatan dapat terus terjalin.

“Harapannya agar terus terjalin hubungan baik dan sinergitas dalam kerja sama untuk menciptakan inovasi yang dapat mendorong peningkatan taraf kesehatan masyarakat dan melalui UHC manfaat JKN-KIS dapat langsung dirasakan seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung,” katanya.

Hingga bulan November 2021, capaian UHC di Kabupaten Belitung mencapai 97,45% atau sebanyak 175.882 jiwa dari total penduduk yang berjumlah 180.486 jiwa. (RW/sa)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI