20 Apr 2020
  |  
Dilihat : 3963 kali

Alumni Lemhannas Angkatan 54 Kontribusi Donasi Lewat GEBAH Corona

Jakarta (20/04/2020) – Ikatan Keluarga Alumni Program Pendidikan Lembaga Pertahanan Nasional RI Angkatan 54 memberikan donasi melalui Gerakan Gotong Royong Bantu Tenaga Kesehatan Cegah Corona (GEBAH Corona) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, IDI, dan Republika. Penyerahan donasi dilakukan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta (20/04). Penyerahan diberikan oleh Kepala Divisi Humas Polri, Irjen (Pol) Muhammad Iqbal selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Angkatan 54. Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi dan Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi.

“Kondisi saat ini angka pasien positif virus corona di Indonesia telah menembus hingga lebih dari 6.000 kasus. Aksi nyata penggalangan dana lewat GEBAH Corona ini, kami harapkan tidak berhenti sampai negara ini dapat melalui pandemi Covid-19. Kami harap dengan dukungan dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas angkatan 54 yang merupakan agen perubahan, dapat menginspirasi masyarakat untuk melakukan aksi nyata serupa dan secara berkelanjutan,” kata Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyu.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen (Pol) Muhammad Iqbal mengungkapkan sangat mengapresiasi gerakan seperti GEBAH Corona yang diinisiasi BPJS Kesehatan, IDI dan Republika. Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas angkatan 54 mendonasikan sebesar Rp105 juta yang dikumpulkan dari sumbangan para anggota.

“Ini sejalan dengan apa yang diperintahkan Presiden Joko Widodo, untuk mencegah atau menanggulangi pandemi Covid-19 ini dengan semangat gotong royong, semangat kebersamaan dan semangat untuk saling peduli. Kami di sini membawa komunitas masyarakat Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Angkatan 54 untuk sedikit berbagi dan berkontribusi. Kami juga meyakini bahwa donasi lewat GEBAH Corona akan disalurkan kepada pihak yang tepat,” ujar Iqbal.

Iqbal juga berharap, dengan kontribusinya lewat GEBAH Corona setidaknya dapat membantu tenaga kesehatan untuk semakin profesional, terlindungi, dalam menjadi garda terdepan penanganan Covid-19. Menurutnya kondisi saat ini tidak sedikit tenaga kesehatan yang mengorbankan nyawanya untuk berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Ia berharap ke depan tenaga kesehatan akan survive, semoga tidak ada lagi yang harus berkorban nyawa, karena masyarakat sama-sama bergotong royong akan menjamin kesediaan perangkat Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai.

“Kami juga berharap kepada masyarakat untuk terus menjalankan prosedur Covid-19, karena sesungguhnya yang berada di depan adalah masyarakat itu sendiri mulai dari physical distancing, cuci tangan, dan menjaga kesehatan. Jika kita disiplin dalam menjalankan protokol Covid-19 Insya Allah kita akan semakin cepat mengalahkan Covid-19,” imbau Iqbal.

Dompet donasi GEBAH Corona ini juga masih terbuka bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi. Masyarakat bisa ikut berdonasi dengan melakukan transfer ke PT Republika Media Mandiri melalui Bank BCA dengan nomor rekening 375.305.177-1 dan Bank Mandiri dengan nomor rekening 127.00.9090909-2.

Adapun sampai dengan April 2020, bantuan APD dari GEBAH Corona sudah dialokasikan ke 10 rumah sakit, yaitu RS Mintohardjo Jakpus, RSU Bhayangkara Tk. I R. Said Sukamto Jaktim, RS Pelni Jakbar, RSKD Duren Sawit Jaktim, RS Muhammadiyah Taman Puring Jaksel, RSUD Kab. Tangerang, RSUD Arjawinangun Kab. Cirebon, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, dan RSUD Kota Bekasi, dan akan menyusul donasi ke rumah sakit lain yang membutuhkan APD bagi tenaga kesehatan.

APD berupa masker medis, sarung tangan karet, baju pelindung medis lengkap, dan kipas disinfektan itu nantinya akan didistribusikan kepada para tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan.