Cibinong, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus mendukung upaya pemerintah dalam upaya menanggulangi kasus Covid-19 di Indonesia melalui pelaksanaan vaksinasi. Dukungan tersebut diberikan dalam penyediaan aplikasi P-Care Vaksinasi yang bisa digunakan para tenaga kesehatan untuk melakukan pendataan, memproses dan melaporkan hasil dari kegiatan vaksinasi tersebut.

Dalam upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor bekerja sama dengan 102 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bogor melalui sentra vaksinasi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ondrio Nas turut memantau langsung dan memastikan aplikasi P-Care Vaksinasi berjalan dengan lancar dan mendukung percepatan vaksinasi.

“Alhamdulillah mini sentra vaksin hari pertama di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong berjalan lancar. Alur dan rambu yang ada di lokasi vaksin sudah cukup jelas bagi calon peserta vaksin dan sudah diatur sebaik mungkin sehingga tidak mengganggu pelayanan administrasi peserta. Mini sentra ini dapat sebagai salah satu bentuk dukungan BPJS Kesehatan pada pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Semangat dan optimisme seluruh masyarakat bahu membahu mengatasi pandemi,” ujar Ondrio, Senin 

Sebagai Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Barat, pelaksanaan vaksinasi terus gencar dilakukan demi mencapai kekebalan di kelompok masyarakat atau istilah lain herd immunity. Vaksinasi pada lokasi sentra vaksin dilaksanakan dengan sasaran 6000 per hari masyarakat Kabupaten Bogor tervaksinasi. Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang diwakili Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Luki Gema Safari mengungkapkan upaya percepatan vaksin dibantu sinergi stakeholder terus dilakukan salah satunya dengan BPJS Kesehatan.

“Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bogor sampai bulan November telah mencapai 63%. Mini sentra vaksin ini terdapat beberapa titik di kantor pelayanan publik Kabupaten Bogor, salah satunya hari pertama di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Penduduk Kabupaten Bogor atau pun bukan bisa mendapatkan vaksin dengan menyertakan KTP. Mini Sentra di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat hingga tanggal 30 November 2021,” ujar Luki.

Luki menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor optimis dapat mencapai target vaksin 70% dengan sinergi dukungan aktif para stakeholder, menjangkau masyarakat hingga ke pelosok. Selain itu, Luki juga berharap dibukanya mini sentra vaksin di kantor pelayanan publik sebagai upaya jemput bola agar lebih banyak masyarakat tervaksinasi. Peserta Program JKN-KIS yang datang untuk mengurus administrasi dan belum mendapatkan vaksin begitu antusias dengan dibukanya mini sentra vaksin di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong yang memudahkan mereka. (Sy)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI