Jambi, Jamkesnews - Untuk mewujudkan pelayanan lebih maksimal bagi masyarakat di wilayah Provinsi Jambi, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi menjalin kerjasama baru dengan tiga Rumah Sakit (RS) yang ada di wilayah Kota Jambi, yakni RS Royal Prima, RS Kambang dan RS Mitra, yang semuanya berlokasi di Kota Jambi, Senin (22/11).

Hal ini menambah jumlah dari RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan tingkat lanjutan kepada peserta JKN-KIS, yang awalnya berjumlah 17 rumah sakit menjadi 20 rumah sakit.

Kepala BPJS Cabang Jambi, Sri Widyastuti mengatakan, dengan adanya penambahan kerjasama ini pihaknya berharap ketiga RS yang telah menandatangani perjanjian bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin pada peserta JKN-KIS yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sesuai standar dan prosedur yang berlaku.

Pemilihan ke 3 rumah sakit ini didasarkan kepada terpenuhinya evaluasi, yakni aspek kepatuhan, baik yang berkaitan dengan mutu rumah sakit terkait sarana dan prasarana, sistem antrean, serta hasil audit. Ditambah dengan testimoni dari masyarakat yang telah memperoleh pelayanan dari RS yang bersangkutan yang turut menjadi pertimbangan bagi BPJS Kesehatan untuk menjalin kerjasama.

“Penambahan jumlah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) ini sejalan dengan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat seiring penambahan jumlah kepesertaan program JKN-KIS di wilayah kerja Kantor Cabang Jambi. Serta tindak lanjut dari pemetaan demografis kebutuhan fasilitas kesehatan di daerah,” terang Widi.

Widi juga menyampaikan pesan untuk ketiga RS yang baru saja menjalin kerjasama tersebut, untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin sesuai standar medis dan peraturan yang berlaku serta tidak membeda-bedakan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN-KIS dengan pasien umum. Karena hak semua pasien adalah sama jadi tidak ada istilah pasien nomer satu dan nomer dua.

Sementara itu, Eko Kuswandono selaku Direktur Rumah Sakit Royal Prima menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang telah bersedia bekerjasama kembali dengan RS Royal Prima karena khusus RS Royal Prima, dirinya beserta seluruh perangkat di RS Royal Prima sudah menanti selama tiga tahun kerjasama tersebut.

“Kami sudah menanti tiga tahun untuk dapat bekerjasama kembali dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS. Sebelumnya RS Royal Prima pernah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan namun karena suatu hal sempat tidak memperpanjang. Dan selama masa waktu tidak bekerjasama kami terus berbenah dan menambah jumlah sarana dan prasarana kami agar lebih baik dan dapat melayani peserta program JKN-KIS dengan lebih maksimal,” sebut Eko.

Eko melanjutkan, kini pihaknya telah siap dan berkomitmen penuh untuk melayani dan memberikan akses pelayanan kesehatan terbaik bagi warga sekitar wilayah RS Royal Prima dan seluruh peserta program JKN-KIS.

Untuk diketahui, setelah ditekennya perjanjian kerjasama antara tiga rumah sakit dengan BPJS kesehatan, peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan kesehatan pada ketiga rumah sakit ini dimulai pada tanggal 01 Desember 2021.

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI