Tapaktuan, Jamkesnews - Dalam upaya meningkatkan kualitas program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Klinik Utama Muhammadiyah Aceh Selatan yang merupakan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), pada Senin (22/11).

Peningkatan kualitas ini berupa menyediakan akses lebih luas kepada layanan kesehatan bagi masyarakat melalui perluasan kerja sama dengan fasilitas kesehatan termasuk klinik utama sebagai penyedia layanan spesialistik.

“Selama ini peserta yang dirujuk, harus menempuh jarak kurang lebih 1 jam perjalanan ke ibu kKota Kabupaten di Tapaktuan. Sehingga penambahan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan ini diharapkan dapat mendekatkan layanan dan meningkatkan kepuasan peserta,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Aswalmi Gusmita.

BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan dan Klinik Utama Muhammadiyah berkomitmen melalui kerja sama ini, masyarakat harus merasakan layanan kesehatan yang bermutu baik dari aspek layanan medis maupun layanan non medis seperti kemudahan pendaftaran, sarana prasarana pendukung layanan yang layak, dan layanan administrasi lainnya sehingga masyarakat akan semakin merasakan manfaat dari Program JKN-KIS.

Sampai dengan bulan November tahun 2021 tercatat ada 105 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) yang terdiri atas 55 Puskesmas, 24 klinik pratama, 25 dokter praktik perorangan, dan 1 dokter gigi Perorangan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan di Kabupaten Aceh Selatan. Serta FKRTL yang terdiri atas 1 rumah sakit dan 1 klinik utama, serta 2 apotek dan 2 optik.

Sementara itu, Direktur Klinik Utama Muhammadiyah Emmifizal, mengungkapkan bahwa klinik ini didirikan memang dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan mengakses layanan dokter spesialis. Selama ini masyarakat harus meninggalkan rutinitasnya untuk meluangkan waktu ke rumah sakit dan dengan biaya yang tidak sedikit pula.

“Klinik ini didirikan oleh masyarakat dan untuk masyarakat, oleh karenanya kami berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS dan masyarakat. Serta akan selalu berupaya meningkatkan pelayanan,” terang Emmifizal.

Masyarakat dan peserta JKN-KIS sudah dapat menikmati pelayanan dokter spesialis di Klinik Utama Muhammadiyah mulai tanggal 22 November 2021, tentunya berdasarkan rujukan yang dikeluarkan oleh dokter di FKTP sesuai dengan indikasi medis. (HA/tf)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI