Banyuwangi, Jamkesnews – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi siap mengoptimalkan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Optimalisasi program ini tentunya harus menjadi tugas bersama agar masyarakat bisa benar-benar terjamin kesehatannya. Seperti yang diutarakan oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, menurutnya, ia akan terus mengoptimalkan program JKN-KIS agar Kesehatan warga Banyuwangi bisa terjamin.

“Kami dan jajaran akan berusaha mengoptimalkan program JKN-KIS ini, tentunya agar warga masyarakat Banyuwangi bisa terjamin kesehatannya,” tuturnya selepas penandatanganan Nota Kesepakatan tentang optimalisasi program JKN-KIS di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi pada Senin (22/11).

Ipuk menjelaskan, bahwa dengan inovasi dan kolaborasi semuanya bisa tercapai, namun hal itu tentunya harus dibarengi dengan komitmen yang kuat serta membutuhkan waktu dan strategi yang matang. Ia juga mengatakan, bahwa Keberhasilan Program JKN-KIS ini tentunya tidak terlepas dari dua hal tersebut.

“Pekerja rumah kami itu adalah bagaimana bisa tercapainya UHC (Universal Health Coverage), dengan inovasi dan kolaborasi, saya yakin kita bisa mencapainya. Tentunya semua itu membutuhkan waktu serta strategi yang matang,” ujar Ipuk.

Diwaktu yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi, Wahyu Santoso mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Banyuwangi yang sudah berperan aktif dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Tentunya ia mengharapkan bahwa kerja sama dengan pemerintah daerah bisa terus ditingkatkan agar cakupan kepesertaan di wilayah Kabupaten Banyuwangi bisa semakin luas.

“Saya setuju dengan bupati terkait inovasi dan kolaborasi, dengan adanya dua hal itu, apa yang kita harapkan bisa tercapai. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah serta jajarannya yang sudah berkontribusi dalam penyelenggaraan program JKN-KIS di bumi blambangan ini,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, bahwa peran pemerintah daerah itu sangat penting dalam pelaksanaan program JKN-KIS, sehingga ia akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Hal itu tentunya demi keberlangsungan program JKN-KIS.

“Pemerintah daerah tentunya sangat berperan penting dalam kebelangsungan program JKN-KIS ini, pastinya kita akan berjalan bersama demi tercapainya UHC di Banyuwangi ini,” tambah Wahyu.

Diakhir, Ipuk mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah menyelenggarakan program JKN-KIS. Ia juga mengaperesiasi inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan, hal itu tentunya akan semakin mempermudah pelayanan untuk masyarakat.

“Ya, kita berjalan bersama dan saya pastinya akan berupaya agar semua masyarakat Banyuwangi bisa terjamin kesehatannya,” tutupnya. (ar/dd)