Pontianak, Jamkesnews - Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Komisi IX DPR RI didampingi BPJS Kesehatan Cabang Pontianak menggelar kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di Kota Pontianak, Minggu (21/11).

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Daerah - Republik Indonesia (DPR-RI) Alifudin mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk memahami pentingnya memiliki perlindungan Jaminan Kesehatan.

"Kesehatan adalah harta yang amat berharga, menjadi peserta BPJS Kesehatan atau peserta JKN-KIS bukan berarti kita berharap sakit. Namun bagaimana kita berikhtiar agar tetap sehat jika sakitpun tidak perlu khawatir karena sudah memiliki jaminan pembiayaan yang melindungi," tutur Alifudin. 

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan Qodar juga menjelaskan beragam kemudahan yang diberikan BPJS kesehatan untuk memudahkan pesertanya dalam mengakses layanan. 

Dirinya menjelaskan kini peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan layanan non tatap muka melalui layanan digital seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), Aplikasi Mobile JKN serta BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat diakses 24 jam.

"BPJS Kesehatan terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi pesertanya, salah satunya yaitu melalui layanan digital. Melalui layanan tanpa tatap muka peserta dapat mengakses berbagai kemudahan cukup melalui handphone," tutur Adiwan.

Melalui sosialisasi ini, Adiwan juga mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS untuk segera mendaftar mengingat besarnya manfaat yang diberikan oleh Program JKN-KIS yang menjamin pelayanan kesehatan secara menyeluruh, mulai dari peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan sakit (preventif), pengobatan penyakit, sampai kepada pemulihan kesehatan termasuk obat-obatan dan bahan medis habis pakai.

"Tidak perlu panik ketika sakit jika kita memiliki perlindungan jaminan kesehatan Kartu JKN-KIS, namun jangan lupa juga untuk mengingat kewajiban peserta diantaranya membayar iuran tepat waktu. Selagi sehat ayo segera lindungi diri dengan mendaftar program JKN-KIS," tutup Adiwan. (FR/yl).

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI