Jayapura, Jamkesnews - Pemerintah Kota Jayapura kembali mewujudkan komitmennya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui Program JKN-KIS. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya Universal Health Coverage (UHC), di mana lebih dari 95% penduduk Kota Jayapura telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan, Budi Setiawan bersama jajarannya menyerahkan piagam UHC kepada Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano di sela acara kegiatan pencanangan HUT Ke- 50 KORPRI di Lapangan Upacara Kantor Walikota Jayapura, Jumat (19/11). Budi mengapresiasi Pemerintah Kota Jayapura yang telah berkomitmen penuh dalam mendukung Program JKN-KIS. 

“Kami sangat bangga pada upaya Pemerintah Kota Jayapura yang serius memastikan masyarakat Kota Jayapura terlindungi sepenuhnya oleh memiliki jaminan kesehatan. Kami berharap langkah ini bisa memotivasi pemerintah daerah lainnya untuk turut bersegera melindungi penduduk setempat melalui Program JKN-KIS. Kami juga berharap Pemerintah Kota Jayapura bisa turut mendorong fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan kesehatan,” ujar Budi.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyambut piagam penghargaan tersebut. Ia berkata bahwa penghargaan tersebut akan menjadi motivasi untuk meningkatkan upayanya dalam melindungi penduduk setempat dalam skema Program JKN-KIS.

“Saya mengumumkan langsung kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta instansi yang hadir, ini merupakan keseriusan pemerintah Kota Jayapura dalam menyejahterakan kesehatan masyarakat di Kota Jayapura. Pemerintah Kota Jayapura akan selalu berkomitmen agar masyarakatnya didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS agar bisa mengakses layanan kesehatan yang memadai dan berkualitas,” tegasnya. (jr)