Sorong, Jamkesnews – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pesertanya melalui berbagai cara. Salah satunya adalah menjalin kemitraan dengan penyedia jasa kesehatan atau fasilitas kesehatan yang meliputi dokter keluarga, Puskesmas, klinik, apotek, optik, sampai dengan rumah sakit.

Saat ini BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan seluruh rumah sakit di Kota Sorong guna memberikan pilihan layanan kesehatan yang lebih baik untuk peserta JKN-KIS. Dengan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku dalam hal rujukan berjenjang, penambahan kerja sama ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak peserta dalam mendapatkan pelayanan terbaik.

“Per 15 November 2021 seluruh fasilitas kesehatan rujukan (khusus rumah sakit) di Kota Sorong semuanya telah menjadi mitra BPJS Kesehatan dengan total 6 rumah sakit dan 1 klinik utama untuk Kota Sorong," jelas Kepala BPJS kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu, Kamis (18/11).

Yoga berharap, bertambahnya rumah sakit yang bekerja sama di Kota Sorong ini dapat memberikan kemudahan akses yang lebih luas lagi bagi peserta JKN-KIS dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan. Ia pun menambahkan pihak BPJS Kesehatan dan pihak fasilitas kesehatan akan terus berupaya dalam meningkatkan mutu pelayanan di fasilitas kesehatan.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Maleo Sorong, dr. Irene Sabrina Dawenan dalam penandatangan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Sorong menyampaikan sangat menyambut baik kerja sama tersebut dan berkomitmen akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

"Kami sangat antusias atas kerja sama dengan BPJS Kesehatan Sorong. Kami harapkan dengan terjalinnya sinergi ini, Rumah Sakit Maleo dapat turut serta dalam menyukseskan Program JKN-KIS, membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadirkan pelayanan kesehatan di Kota Sorong. Rumah sakit kami menjadi salah satu alternatif peserta JKN-KIS dalam memilih pelayanan kesehatan, sehingga terwujud pemerataan pelayanan kesehatan di masyarakat. Kami berkomitmen terus berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang kami berikan pada peserta JKN-KIS baik dari segi sarana prasarana, maupun tenaga kesehatan kami di rumah sakit," ungkap Irene.

Sebagai informasi, untuk wilayah Kota Sorong rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan meliputi RS Maleo, RSUD Sele Be Solu, RSAL dr. R. Oetojo, RS Mutiara, RS Herlina, RS Pertamina dan Klinik Utama Prodens.