Pati, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Pati menggelar pertemuan daring dengan 100 orang perwakilan badan usaha di wilayah Kabupaten Pati, Rembang dan Blora, Rabu (17/11). Kegiatan bertajuk Ngobrol Seru JKN-KIS (Ngerujak) ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman badan usaha seputar Program JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Dany Saputro, menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan terus berinovasi mengikuti tren revolusi industri 4.0 di mana setiap pelaku industri mengoptimalkan peningkatan otomasi. Skema ini secara umum dibagi menjadi tiga, yaitu machine-to-machine, komunikasi human-to-machine, serta artificial intelligence

“Bentuk komunikasi human-to-machine saat ini sudah diterapkan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Hampir seluruh layanan yang diberikan secara tatap muka di kantor sudah dapat diakses juga via gawai lewat aplikasi Mobile JKN,” kata Danny.

Danny mengajak seluruh peserta kegiatan untuk beramai-ramai memanfaatkan aplikasi Mobile JKN. Fitur unggulan yang ditawarkan oleh Mobile JKN diantaranya adalah perubahan data peserta, cek iuran dan catatan pembayaran, cek Virtual Account, skrining riwayat kesehatan, telekonsultasi dengan dokter, pengaduan keluhan dan akses terhadap KIS Digital. Ke depannya, fitur-fitur tersebut akan terus bertambah seiring dengan pengembangan yang dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan peserta JKN-KIS.

“Aplikasinya memberikan fitur yang luar biasa, hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 40 MB,  mungkin hanya sepertiga dari kebutuhan aplikasi media sosial. Unduh sekarang dan dapatkan kemudahan layanan kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan,” ajak Danny.

Senada dengan yang disampaikan oleh Danny, perwakilan RSI Pati yang mengikuti kegiatan tersebut, Sriyatun menyatakan bahwa kemudahan yang ditawarkan Mobile JKN begitu nyata dirasakan olehnya.

“Sangat mudah sekali menggunakan Mobile JKN, karena kita tidak perlu kartu cetak. Cukup menunjukkan kartu digital dari aplikasi ketika periksa ke fasilitas kesehatan,” ungkap Sriyatun.

Sampai dengan bulan Oktober tahun 2021, lebih dari 6.000 badan usaha sudah mendaftarkan karyawannya sebagai peserta JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Cabang Pati. Jumlah peserta JKN-KIS yang terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU) di wilayah kantor cabang Pati mencapai lebih dari 54.000 orang jiwa, terbanyak berasal dari wilayah Pati yang mencapai 29.030 jiwa. (sw/z)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI