Magelang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Magelang terus meningkatkan jumlah fasilitas kesehatan mitra. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemudahan peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan kesehatan. Hingga saat ini cakupan kepesertaan Program JKN-KIS di wilayah Magelang sudah mencapai 1.703.688 jiwa atau 76,13% dari jumlah penduduk di kota dan kabupaten.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Ni Ketut Sri Budiani menyampaikan bahwa pihaknya mengharapkan peningkatan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mendukung upaya menuju Universal Health Coverage (UHC) di wilayah Magelang. Hal ini selaras dengan quick wins tahun 2021 yang telah ditetapkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan.

“Hampir seluruh fasilitas kesehatan di wilayah Magelang sudah menjadi mitra, baik milik swasta maupun pemerintah. Untuk mendukung UHC kami berharap masyarakat memiliki sense of belonging terhadap BPJS Kesehatan. Untuk itu upaya edukasi dan peningkatan pemahaman tentang program JKN-KIS terus disebarkan melalui berbagai media hingga saat ini,” kata Riri saat ditemui di kegiatan Media Workshop BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Jumat (19/11).

Selain menjelaskan capaian jumlah peserta dan jumlah fasilitas kesehatan mitra, Riri juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mengoptimalkan layanan non-tatap muka. Pelayanan non tatap muka diharapkan dapat memberikan rasa aman sekaligus meningkatkan kemudahan layanan terhadap peserta JKN-KIS.

“Banyak sekali inovasi pelayanan non tatap muka yang dikembangkan seperti aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui WA (PANDAWA), VIKA, CHIKA dan BPJS Kesehatan Care Canter 165. Semua layanan ini dapat diakses dengan menggunakan telepon seluler masing-masing peserta dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta secara maksimal, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan,” harapnya.

Ditemui terpisah, seorang peserta yang datang ke Kantor Cabang Magelang, Agus Purwanto menyatakan bahwa petugas BPJS Kesehatan telah menyarankan agar ia memanfaatkan program PANDAWA untuk menambahkan anggota keluarga. 

"Ternyata mengurus administrasi JKN-KIS tak perlu datang ke kantor, cukup di rumah melalui handphone. Saya sudah diberi nomor PANDAWA dan selanjutnya akan saya urus lewat situ saja. Kartunya nantinya akan dikirim ke alamat saya. Saya juga sudah dowload Mobile JKN," katanya. (sw/wt)