Labuhanbatu, Jamkesnews – Sejak tahun 2015, BPJS Kesehatan telah berupaya mengoptimalkan Program Donasi dan Crowdfunding JKN-KIS untuk membantu peserta Program JKN-KIS yang memiliki keterbatasan finansial dalam membayar iuran kepesertaannya.

Bupati Labuhanbatu, Erik Atdrada Ritonga dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Inovasi Pendanaan Masyarakat Peduli JKN, Senin (18/10), menghimbau agar badan usaha dapat menggalakkan Proram Donasi dan Crowdfunding JKN-KIS sebagai upaya mendukung pemerintah daerah menuju Labuhanbatu Sejahtera 2024.

“Tolong bantu pemerintah daerah untuk menuju Labuhanbatu Sejahtera 2024 misalnya dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari badan usaha agar dapat dialokasikan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” tutur Erik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Lenny Marlina, mengatakan bahwa pihaknya secara intens mendorong keterlibatan pemberi kerja, peserta dan berbagai pihak lainnya untuk berpartisipasi dalam Program Donasi dan Crowdfunding.

Crowdfunding ini adalah salah satu bentuk implementasi dari gotong royong yang diterapkan BPJS Kesehatan dalam Program JKN-KIS. Oleh karenanya, kita dorong terus pemberi kerja, peserta dan berbagai pihak lainnya untuk turut berkontribusi mendukung Program JKN-KIS dalam mendaftarkan dan membiayai masyarakat khususnya bagi peserta JKN-KIS segmen peserta mandiri yang tidak mampu namun tidak masuk menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI),” kata Lenny dalam kegiatan yang dihadiri 45 perwakilan Badan Usaha di Kabupaten Labuhanbatu Tersebut.

Terkait hal tersebut, Lenny menambahkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam mengajak badan usaha agar mengalokasikan dana CSR.

“Kita akan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja mengajak badan usaha untuk menyumbangkan CSRnya. Mungkin dengan hanya dengan 35 ribu per orang sudah dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berobat jika sakit. Selain itu juga koordinasi kita lakukan bersama Dinas Sosial terkait pemetaan jumlah peserta yang sudah dan belum terdaftar JKN untuk mewujudkan Universal Health Coverage di Kabupaten Labuhanbatu,” ungkap Lenny dalam kegiatan yang bertempat di Ruang Data Kantor Bupati Kabupaten Labuhanbatu tersebut.

Salah seorang peserta kegiatan perwakilan PTPN III M. Siddik, berkomitmen mendukung seluruh program pemerintah terkait Program Donasi dan Crowdfunding.

“Pada prinsipnya kami mendukung program CSR ini karena memang sudah ada program CSR seperti ini yang sudah kami laksanakan. Selanjutnya kami akan menunggu arahannya kemana. Namun pada prinsipnya kami mendukung penuh program dari pemerintah daerah,” tutur M. Siddik. (HA/ss)