Suwawa, Jamkesnews – Kabupaten Bone Bolango kembali menorehkan prestasi gemilang setelah mendapatkan penghargaan dari BPJS Kesehatan karena Kabupaten tersebut berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN-KIS pada tahun 2021 ini. Prestasi ini merupakan kali ketiga diraih oleh Kabupaten Bone Bolango sejak tahun 2018. Pemberian apresiasi tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Bone Bolango pada Senin (11/10).

Muhammad Yusrizal selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo mengatakan Kabupaten Bone Bolango menjadi Kota dan Kabupaten kedua di Provinsi Gorontalo yang telah mendapatkan predikat UHC kepesertaan JKN-KIS pada tahun 2021.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah didapatkan oleh Kabupaten Bone Bolango dengan berhasil mencapai UHC dalam kepesertaan JKN-KIS, ini merupakan daerah tingkat dua di Provinsi Gorontalo yang tahun ini sudah mencapai UHC,” ungkap Yusrizal.

Yusrizal juga menjelaskan setiap daerah yang ingin mendapatkan predikat UHC kepesertaan JKN-KIS, jumlah penduduk yang telah terdaftar di kepesertaan JKN-KIS minimal sudah mencapai di persentase angka 95% dari total jumlah penduduk di wilayah tersebut.

“Melihat pada akhir bulan September tahun 2021 kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Bone Bolango ini telah melampaui angka 95%, maka Kabupaten Bone Bolango resmi mendaptkan predikat UHC kepesertaan JKN-KIS,” jelas Yusrizal.

Pada waktu yang sama, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou bersyukur atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dengan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo. Hasil predikat UHC yang didapatkan oleh daerahnya tak luput dari kerja sama yang baik antara instansi yang dipimpinnya dengan mitra eksternal dalam hal ini BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena untuk ketiga kalinya kami telah mendapatkan predikat UHC ini, hal ini tak lepas dari kerja sama yang baik dari kita semua,” kata Hamim.

Untuk diketahui jumlah kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Bone Bolango sampai pada akhir September ini sudah mencapai 99,19% dari total penduduk. Jika dirincikan dari total penduduk di Kabupaten Bone Bolango sejumlah 166.968 jiwa sebanyak 165.611 jiwa sudah menjadi peserta JKN-KIS. (Iu/yf)