Purwokerto, Jamkesnews – Sebagai upaya mendorong efektivitas pelayanan vaksinasi Covid-19, BPJS yang dapat dilakukan oleh fasilitas kesehatan. Hal tersebut dituturkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Debbie Nianta Musigiasari, Jumat (08/10).

“Aplikasi P-Care Vaksinasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dibangun untuk mendukung bisnis proses pencatatan program pemberian vaksinasi Covid-19. P-Care Vaksinasi digunakan oleh Dinas Kesehatan dan juga fasilitas kesehatan,” tutur Debbie.

Puskesmas Sumpiuh I, salah satu fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto telah mengimplementasikan penggunakan aplikasi P-Care Vaksinasi.

“P-Care Vaksinasi memudahkan kami untuk mengakses fitur-fitur pada aplikasi, seperti daftar penerima vaksin, registrasi sasaran, screening sasaran, input data pemberian vaksin, daftar pemberian vaksin, riwayat pemberian vaksin sasaran, dan cetak kartu vaksinasi,” kata Ketua Tim dan PIC BPJS Kesehatan Puskesmas Sumpiuh I, Sri Wiji Astuti.

Aplikasi P-Care Vaksinasi terintegrasi dengan Peduli Lindungi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

“Kami selalu berusaha untuk tertib administrasi dengan memproses pencatatan vaksinasi dilakukan pada hari yang sama (realtime). Untuk saat ini penggunaan P-Care Vaksinasi sudah mulai lancar dan tidak ada kendala yang berarti karena jaringan internet sudah semakin bagus dan mendukung sistem aplikasi,” kata Wiji.

Pada kesempatan yang lain saat kegiatan Forum Kemitraan Kabupaten Banyumas Semester II Tahun 2021, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono menyampaikan bahwa Kabupaten Banyumas dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 ini masih ada. Ia juga berupaya mempercepat pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas.

Hal ini sejalan dengan Puskesmas Sumpiuh I yang melakukan pelayanan vaksinasi mobile ke desa-desa yang jauh dari perkotaan, seperti daerah pegunungan yang masih sulit dijangkau dengan tujuan mempercepat dan memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Kabupaten Banyumas.(ma/vo)