Purwokerto, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama Uji Coba Agen BRILINK BRI Cabang Purbalingga sebagai Agen Institusi BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Kamis (07/10) di Kantor BRI Cabang Purbalingga.

“Tujuan kerja sama dengan Agen BRILINK BRI Cabang Purbalingga sebagai Agen Institusi BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto ini antara lain untuk meningkatkan transaksi penerimaan iuran JKN-KIS khususnya peserta menunggak, meningkatkan keaktifan dan retensi pembayaran iuran peserta melalui program autodebet, serta meningkatkan loyalitas agen dan nasabah BRI,” tutur Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Debbie Nianta Musigiasari.

Debbie menambahkan, Perjanjian Kerja Sama dengan Agen Institusi ini diharapkan dapat meningkatkan kolektabilitas iuran dan keaktifan peserta JKN-KIS. 

“Kami sangat senang diantara para penyelenggara dapat saling bersinergi dan kolaborasi. Saya pribadi sangat mengapresiasi langkah-langkah kerja sama ini. BPJS Kesehatan untuk dapat menggunakan fasilitas agen kami untuk melayani pembayaran tunggakan iuran JKN-KIS. Semoga program ini juga dapat menambah keaktifan peserta JKN-KIS untuk melakukan pembayaran secara nyaman. Agen BRILINK kami juga sudah dekat dengan masyarakat karena tersebar di seluruh desa-desa di Kabupaten Purbalingga,” kata Pimpinan Cabang BRI Purbalingga, Yoga Aditia Pratama.

Debbie mengatakan karakteristik peserta JKN-KIS dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dalam membayar iuran JKN-KIS sangat beragam sehingga pola-pola penerimaan iuran yang disediakan juga harus beragam untuk agar peserta dapat memilih sendiri cara membayar iuran yang paling mudah untuk dilakukan.

“Sasaran program Agen Institusi untuk pembayaran tunggakan iuran ialah peserta JKN-KIS dengan umur tunggakan 6-23 bulan, autodebet untuk Peserta JKN-KIS dengan umur tunggakan 1-5 bulan, dan pembayaran iuran di muka untuk peserta JKN-KIS yang dapat membayar iuran dimuka,” kata Debbie. (ma/vo)