Merauke, Jamkesnews – BPJS Kesehatan hingga saat ini terus berinovasi mengembangkan pelayanan berbasis digital, salah satunya yakni Virtual Claim (V-Claim). Agar provider dapat menggunakannya dengan baik, BPJS Kesehatan Cabang Merauke menggelar pertemuan guna membahas fitur-fitur dari aplikasi tersebut serta penggunaan aplikasi Health Facilities Information System (HFIS), Rabu (06/10). Hadir dalam kegiatan tersebut, PIC HFIS dan V-Claim masing masing rumah sakit se-Kabupaten Merauke. 

“Sosialisasi ini digelar untuk menyegarkan kembali penggunaan aplikasi BPJS Kesehatan berupa HFIS dan V-Claim, mendapatkan masukan atas permasalahan yang didapatkan serta memberikan petunjuk dan alternatif solusi atas kendala yang dihadapi. Termasuk saat ini akan kita perkenalkan kembali fitur-fitur terbaru yang ada dalam aplikasi tersebut,” ucap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Ansur.

Dalam pemaparannya, Ansur menyampaikan pentingnya pembaruan informasi tentang tenaga medis dalam aplikasi HFIS karena penting untuk mengetahui ketersediaan tenaga medis dalam rumah sakit tersebut.

“Penambahan maupun pengurangan tenaga medis, pihak rumah sakit harus menyertakan surat pemberitahuan sebagai bukti dan arsip bahwa rumah sakit tersebut terjadi perubahan tenaga medis, khususnya dokter. Untuk penambahan dokter pada aplikasi HFIS, pihak rumah sakit juga sebaiknya melampirkan Surat Ijin Praktik (SIP) Dokter tersebut dan memperhatikan masa berlakunya,” lanjutnya.

Agatha Terencia, yang merupakan salah satu dokter di Rumah Sakit Bunda Pengharapan Merauke, menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk melihat sejauh mana pemahaman petugas menjalankan aplikasi tersebut, termasuk apabila ada perubahan jumlah tenaga medis dan penyesuaian jadwal praktek dokter.

"Penting kita ketahui juga bahwa untuk dokter yang tidak praktik setiap hari harus disesuaikan juga pada aplikasi HFIS supaya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bisa melihat ketersediaan dokter pada rumah sakit tersebut,” ucapnya. (TR/ar)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI