Selong, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus memperluas akses cakupan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama yang dibentuk antara BPJS Kesehatan dengan RSI S Anggoro.

Petugas Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Selong I Made Adi Putra Asmara mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh fasilitas kesehatan yang ingin bekerja sama. Namun, kata Adi, ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebelum bekerja sama dengan fasilitas kesehatan, salah satunya yaitu tahap kredensialing.

“Tahapan kredensialing dilakukan untuk memastikan kondisi sarana prasarana di faskes dengan self asesment yang telah diisi sebelumnya oleh fasilitas kesehatan yang mengajukan kerja sama dan memastikan komitmen pelayanan faskes tersebut apabila nantinya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” imbuh Adi.

Adi menjelaskan bahwa dalam tahap kredensialing tersebut, ada beberapa yang menjadi fokus utama yang difokuskan BPJS Kesehatan, diantaranya ketersediaan SDM, sarana dan prasarana hingga kondisi fisik dari fasilitas kesehatan. Apabila semua indikator tersebut sudah memenuhi sesuai dengan ketentuan, maka baru bisa dikatakan bahwa fasilitas tersebut layak untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Sebelum dilakukan kredensialing, harus dilakukan analisa kebutuhan FKRTL apakah di lokasi tersebut masih dibutuhkan penambahan FKRTL atau tidak, kemudian ditindaklanjuti dengan pengisian self asessment mengenai kondisi di tempatnya dan kemudian BPJS Kesehatan melakukan kredensialing untuk memastikan kondisi yang sebenarnya,” jelas Adi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSI S Anggoro dr. H. Basirun menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan BPJS Kesehatan yang telah bersedia untuk melakukan kredensialing terhadap rumah sakit yang ia pimpin.

“Terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Cabang Selong yang telah berkunjung dan melakukan kredensialing. Hasil dari Kredensialing hari ini menjadi evaluasi dan feedback bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik. Semoga kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan RSI S Anggoro dapat terjalin, agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS,” ujar Basirun. (dh/ay)