Puruk Cahu, Jamkesnews – Berbagai upaya peningkatan kualitas layanan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dibahas melalui Forum Kemitraan antara BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh dengan Pemerintah Daerah kabupaten Murung Raya dan Pemangku Kepentingan Utama bertempat di ruang pertemuan kantor Pemda Murung Raya, Senin (13/9).

Forum dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Murung Raya Hermon dan dihadiri oleh Anggota Komisi DPRD Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Romiadi, Direktur RSUD Puruk Cahu Martin Maha, Kepala Dinas Sosial Rusine, Pewakilan Dinas Kesehatan, Plt Kepala BPKAD Mura, BKPSDM Mura dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama.

Dalam penyampaiannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama mengapresiasi dukungan dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya dalam pelaksanaan sistem JKN-KIS di wilayah Kabupaten Murung Raya

“Kami ucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan yang telah diberikan oleh jajaran Pemerintah Daerah kabupaten Murung Raya dari sistem rumah sakit yang sudah bridging, penataan administrasi klaim yang sudah baik, dan capaian sistem JKN-KIS yang sudah UHC,” kata Pupung.

Ia menambahkan adanya usulan perluasan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sebelumnya sebagai Puskesmas Pembantu (Pustu) dapat ditingkatkan menjadi Puskesmas Induk dapat memberikan akses layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

“Kami mengharapkan adanya peningkatan pustu menjadi puskesmas dalam upaya peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat mengingat dari sisi geografis dan aksesibilitas masyarakat yang menantang di wilayah Kabupaten Murung Raya. Apalagi kedepan Puskesmas yang ada bisa menjadi puskesmas rawat inap,” tambahnya.

Usulan dan harapan tersebut disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya, Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya Hermon dan Dinas terkait menyatakan siap untuk menindaklanjuti bersama upaya kedepan dalam peningkatan kualitas layanan.

“Untuk peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat, apa saja yang bisa kita lanjuti bersama sebagai upaya kedepan dan hal-hal positif yang telah dicapai akan terus dipertahankan,” ucap Hermon.

Tindak lanjut tersebut diantaranya pemenuhan rasio dokter di fasilitas kesehatan dengan berupaya merekrut tenaga dokter melalui tenaga kontrak baik dokter umum maupun dokter spesialis. Dari segi pemerintahan juga dengan mengajukan usulan kepada Kemenpan-RB untuk alokasi penerimaan CPNS tenaga dokter di Kabupaten Murung Raya atas usulan dari Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit. (KA/hk)