Dumai, Jamkesnews – Pejabat Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Syahrinaldi menyerahkan kartu BPJS Kesehatan bagi peserta peralihan dari PBPU atau peserta mandiri ke Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota Dumai, bertempat di Aula Kecamatan Dumai Barat, Kamis (9/9). Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful mengungkapkan sebanyak 6.166 kartu peserta PBI-APBD yang dibiayai Pemerintah Daerah diserahkan kepada masyarakat masing-masing kecamatan.

“Masyarakat yang menerima kartu ini adalah penambahan kepesertaan PBI Kota Dumai, baik dari pindahan peserta mandiri atau yang belum memiliki kartu sama dengan kriteria masyarakat tersebut kurang mampu dan bersedia dirawat diruang kelas III RSUD Dumai,” ungkapnya.

Dia menjelaskan enam ribuan penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI ini adalah penambahan yang berasal dari data tahun 2020 kemarin.

"Untuk tahun 2021 nanti, saat ini masih dalam proses penginputan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat BPJS Kesehatan akan mencetak kartu yang terbaru lagi,”kata dr.Syaiful.

Untuk skema pembiayaan jaminan kesehatan ini, beliau menyampaikan telah terjalin kerjasama atau budget sharing antar Pemko Dumai dan Pemerintah Provinsi Riau. “Untuk pembayaran premi ini, Pemprov Riau akan menanggung sebanyak 55% dan Pemko Dumai sebanyak 45%,” ucapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, drg. Harie Wibhawa, AAK menambahkan, untuk tahun 2021 saat ini sudah berproses 1.328 jiwa yang sudah dialihkan dari kepesertaan mandiri yang menunggak ke PBI-APBD. Terkait kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kota Dumai, dari jumlah penduduk kurang lebih 319.000, saat ini sudah mendekati 87% yang memiliki kartu jaminan kesehatan,” ucapnya.

Ia mengapresiasi program Walikota Dumai dalam upaya memberikan kepastian jaminan kepada masyarakat yang menunggak yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan. Pj.Sekda Kota Dumai menambahkan bahwa PBI-APBD ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk hadir ditengah-tengah masyarakat dengan mengalokasikan dana bagi perlindungan kesehatan.

Kepada seluruh fasilitas kesehatan yang ditunjuk, diintsruksikan untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan segmen PBI-APBD. Kita ada untuk mereka. Menolong sesama adalah inti dari pelayanan itu sendiri,” ucapnya.

Dia berharap, kepada seluruh Camat, Lurah, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk terus memantapkan koordinasi baik dalam hal pemutakhiran data, maupun hal lain terkait program kesehatan masyarakat.

“Kepada masyarakat penerima manfaat, mari menjaga dan menggunakan kartu tersebut sebaik-baiknya. Manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada dan jaga terus kesehatan,” pungkasnya.