Sorong, Jamkesnews – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan secara konsisten menjalankan Program Mobile Customer Service (MCS). Di bulan September ini BPJS Kesehatan Cabang Sorong memfokuskan kegiatan pelayanan MCS kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Dinas Sosial Kota Sorong.

“Dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan memperhatikan peraturan pembatasan wilayah, di bulan September ini layanan MCS akan berada di wilayah kantor Pemerintah Kota Sorong. Jadi ASN yang memiliki keperluan terkait JKN-KIS di sela-sela bekerja bisa berkunjung ke stand MCS kami,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Ambar Permana, Jumat (10/09).

Ambar menambahkan, pelayanan MCS tersebut dapat memberikan kesempatan bagi para ASN yang mengalami kesibukan di waktu kerja sehingga tidak sempat untuk mengurus administrasi kepesertaan ke kantor BPJS Kesehatan.

“Dalam layanan MCS ini juga kami memberikan edukasi kepada peserta JKN-KIS terkait pelayanan online di masa pandemi Covid-19 seperti pelayanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), juga terkait aplikasi Mobile JKN yang dapat mempermudah peserta JKN-KIS untuk mengakses JKN-KIS,” tambah Ambar.

Salah satu ASN dari Kantor Dinas Sosial Kota Sorong, Nenasi yang turut memanfaatkan pelayanan MCS merasa sangat dimudahkan dengan adanya stand dari BPJS Kesehatan. Selain mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan, ia juga mengaku mendapatkan informasi terkait pelayanan online dari BPJS Kesehatan seperti PANDAWA dan Mobile JKN.

“Pelayanan MCS dari BPJS Kesehatan sangat bermanfaat untuk kami para ASN, yang seringkali kami tidak sempat mengurus keperluan JKN karena pekerjaan. Jadi saat jam istirahat kerja kami secara bergantian mengunjungi stand ini. Saya juga dapat informasi yang bermanfaat sekali tentang manfaat aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.

 (TR/ws)