Tigaraksa, Jamkesnews –BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Asosiasi Klinik (Asklin) Kabupaten Tangerang, dan Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Kesehatan Primer Indonesia (PFKI) Kabupaten Tangerang melaksanakan rekredensialing bagi FKTP.

Kepala Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Rosmaliana mengungkapkan kegiatan rekredensialing tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi dari Permenkes Nomor 99 tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 tahun 2013 tentang Pelayananan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional yang mengamanahkan bahwa dalam rangka bekerja sama, seleksi, kredensialing, dan rekredensialing fasilitas kesehatan.

"Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun hal tersebut tidak menghalangi kami untuk melaksanakan kegiatan rekredensialing. Hal ini juga kami lakukan sebagai bentuk upaya BPJS Kesehatan bersama seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS," ungkap Rosmaliana dalam kegiatan Rekredensialing FKTP Tahun 2021 yang diselenggarakan secara online, Kamis (09/09).

Rosmaliana menjelaskan mekanisme pelaksanaan rekredensialing yang dilakuakn secara virtual diawali dengan presentasi dari masing-masing FKTP mengenai profil, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta perizinan yang dimiliki. Setelah presentasi, masing-masing FKTP akan diarahkan untuk melakukan room tour sehingga kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana FKTP dapat dilihat langsung.

"Sambil kita melakukan presentasi dan room tour, tim rekredensialing dapat memberikan pertanyaan dan masukan apabila ada hal-hal yang masih harus mendapatkan perbaikan. Harapannya, dengan adanya tahap rekredensialing ini, masing-masing FKTP dapat melakukan perbaikan demi memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS," tambah Rosmaliana.

Di samping itu, Kepala Seksi Pelayanan Rujukan dan Swasta Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Lasmiati menyampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang akan terus mendukung BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa dalam melaksanakan rekredensialing. Ia menegaskan secara pribadi lebih memilih rekredensialing dengan kunjungan karena dapat menilai secara langsung. Namun, demi kebaikan bersama, pilihan rekredensialing secara virtual dirasa tepat di tengah pandemi COVID-19 ini.

“Semoga tahun depan pandemi ini berakhir dan bisa melakukan visitasi ke FKTP untuk rekredensialing. Dari presentasi dan room tour yang dilakukan oleh FKTP secara virtual ini, hasilnya sudah cukup baik. Untuk hal-hal yang direkomendasikan oleh tim rekredensialing, harapannya dapat segera dipenuhi oleh FKTP sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan semakin baik,” pungkasnya.

Sampai dengan saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa sudah bekerja sama dengan 186 FKTP yang tediri dari 44 Puskesmas, 138 klinik pratama, 1 klinik Polri, 2 dokter praktik perorangan, dan 1 dokter gigi perorangan. (po)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI