Palangka Raya, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan rapat koordinasi tentang pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada Senin (06/09) bertempat di Aula Eka Hapakat Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Selain dilakukan secara offline, rapat koordinasi tersebut juga dilakukan secara daring.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kantor BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur, Tengah, Selatan dan Utara (Kaltimtengseltara) secara daring melalui aplikasi Zoom ini disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kalimantan Tengah Lies Fahimah bahwa rapat koordinasi ini harus menjadi ajang untuk mencapai persamaan pemahaman tentang program JKN-KIS khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Hal itu ia sampaikan mengingat bahwa program JKN-KIS merupakan program strategis nasional yang harus dilaksanakan dan didukung di daerah.

“Tujuan kita tentunya juga untuk mempermudah koordinasi antar instansi yang terkait dalam menyelesaikan kendala-kendala operasional di lapangan dalam pelaksanaan program JKN-KIS ini, selain itu juga untuk memperoleh dukungan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kewenangan dan fungsi dari masing-masing instansi. Kita juga harus meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas kesehatan pada program JKN-KIS dan menjalin hubungan kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan, dengan begitu kita harapkan dapat memantapkan hubungan dengan pihak eksternal yang terkait dalam pembuatan kebijakan dan instansi perwakilan dari peserta pada tingkat daerah,” jelas Lies Fahimah.

Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Prio Hadi Susatyo melalui Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Kinerja Kantor Cabang (PKKC) BPJS Kesehatan Kaltimtengseltara Phindo Bagus Dharmawan dalam paparannya menyampaikan bahwa cakupan kepesertaan program JKN-KIS di Provinsi Kalimantan Tengah per 1 Agustus 2021 mencapai 82.86%. Dari total 14 Kabupaten dan Kota yang ada di Kalimantan Tengah, hingga saat ini terdapat tiga Kabupaten yang sudah mencapai kepesertaan secara Universal Health Coverage (UHC).

“Berdasarkan data cakupan kepesertaan program JKN-KIS di Provinsi Kalimantan Tengah per 1 Agustus 2021 jumlah masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 2.187.382 jiwa atau sebesar 82.86% dari total penduduk di Kalimantan Tengah. Ada tiga Kabupaten yang sudah mencapai UHC untuk kepesertaan program JKN-KIS yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Murung Raya,” ungkap Phindo. (KA/ma)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI