Aceh Selatan, Jamkesnews – Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dan memperluas cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tapaktuan menggelar layanan Mobile Customer Service (MCS) di Kecamatan Tapaktuan dan Kecamatan Labuhan Haji Timur pada tanggal 28 Juli 2021 sampai dengan 19 Agustus 2021.

Meskipun pada masa pendemi BPJS Kesehatan mengutamakan pelayanan tanpa tatap muka melalui Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) dan aplikasi Mobile JKN. Meski demikian, BPJS Kesehatan juga melaksanakan kegiatan MCS untuk menjangkau masyarakat di wilayah-wilayah dengan akses yang jauh dan terpencil.

“Layanan MCS ini merupakan kegiatan pelayanan kepesertaan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan di luar kantor dan berlokasi di wilayah-wilayah dengan akses yang jauh dan terpencil serta pada area yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Kegiatan ini untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil yang tidak dapat mengakses pelayanan digital,” terang Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehtan Cabang Tapaktuan, Abdurrahman pada Kamis (29/07).

Adapun pelayanan yang diberikan berupa pencetakan kartu, penambahan atau pengurangan jumlah anggota keluarga, pendaftaran peserta, perubahan data, serta juga menjadi tempat pemberian informasi terbaru seputar Program JKN-KIS kepada peserta dan masyarakat.

“Masyarakat yang hadir hari ini cukup antusias mengingat jarak desa yang menjadi tujuan cukup jauh dari Kantor BPJS Kesehatan. Masyarakat sangat memanfaatkan layanan MCS ini, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” terang Rahman

Sementara itu, Rita (43) yang merupakan salah seorang pengujung MCS BPJS Kesehatan di Desa Beutong, Kecamatan Labuhan Haji Timur ketika diwawancarai, mengaku sangat tertarik dengan aplikasi Mobile JKN.

“Saya tertarik untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, karena aplikasi ini sangat membantu tanpa perlu repot datang dan antri di kantor BPJS Kesehatan. Dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, saya dapat melakukan perubahan data serta mendapatkan KIS digital hanya dengan melalui smartphone,” ungkap Rita.

Rita juga mengungkapkan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan yang melaksanakan kegiatan MCS pada masa pandemi untuk menjangkau masyarakat yang belum dapat mengakses layanan digital. (HA/tf)