Biak, Jamkesnews - Melalui Program Donasi JKN-KIS, BPJS Kesehatan membuka kesempatan bagi perorangan, badan usaha, maupun lembaga lainnya untuk ikut berkontribusi menanggung masyarakat miskin dan tidak mampu yang belum terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), baik yang dijamin pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

PT ASDP Indonesia Ferry melalui ASDP Peduli menandatangani perjanjian kerja sama program donasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor untuk membantu memberikan jaminan kesehatan bagi warga yang membutuhkan di wilayah Biak Numfor. Donasi JKN-KIS oleh PT ASDP Indonesia Ferry  ini diberikan kepada peserta JKN-KIS wilayah Biak Numfor yang menunggak. Keikutsertaan badan usaha ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sosial badan usaha terhadap masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Haris Prayudi menjelaskan, dalam program Donasi JKN-KIS kali ini tunggakan iuran JKN-KIS hingga 30 juta rupiah akan ditanggung oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Biak.

"Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini, maka peserta yang mendapatkan bantuan iuran JKN-KIS akan mulai aktif dan dapat digunakan secepat mungkin,” terang Haris, Kamis (16/07). 

Dijelaskan Haris, Program Donasi JKN-KIS merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk mencapai jaminan kesehatan cakupan semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Bagi badan usaha, donasi JKN-KIS dapat disinergikan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mana badan usaha mendaftarkan sejumlah keluarga tidak mampu menjadi peserta JKN-KIS dan dibayarkan iurannya melalui perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Kami mendorong badan usaha yang sudah bekerja sama untuk memberikan bantuan iuran melalui program CSR-nya kepada warga kurang mampu di sekitarnya. Besar harapan kami melalui program donasi ini bisa mempercepat cakupan semesta,” paparnya.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry, Alvius menyambut baik program tersebut dan berharap dengan adanya kerja sama tersebut, warga kurang mampu akan terbantu mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan.

“Semoga ini bisa membantu masyarakat dan kinerja perusahaan kami dapat terus berkembang maju agar dapat berpartisipasi lebih besar lagi dalam memberikan donasi bagi masyarakat tidak mampu terutama di lingkungan sekitar perusahaan,” tuturnya. (hs)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI