Limboto, Jamkesnews – Dalam upaya meningkatkan kemudahan layanan bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan turut menggandeng mitra kerjanya seperti fasilitas kesehatan untuk ikut melakukan transformasi digital dalam hal pelayanan. Salah satu bentuk transformasi digitalisasi layanan yang sudah berjalan yaitu seperti yang sudah diterapkan oleh Rumah Sakit Ainun Habibie. Rumah sakit yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo ini sudah menggabungkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang dimilikinya dengan aplikasi Mobile JKN.

Yana Sulaeman selaku Plh. Direktur RSUD Ainun Habibe pada Senin (19/07) mengungkapkan, digitalisasi layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan di rumah sakit tersebut.

“Digitilalisasi layanan ini merupakan wujud kerja sama antara kami dengan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo yang tentunya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat,” ungkap Yana.

Yana menjelaskan setelah digitalisasi layanan ini di luncurkan, bagi setiap pasien yang ingin berobat di rumah sakit ini tidak perlu antre sejak pagi hari. Pasien bisa mengambil antrean melalui online di aplikasi Mobile JKN. Saat ini juga semua informasi layanan yang ada di rumah sakit yang dikelolanya seperti ketersediaan seluruh kamar kelas rawat, ICU, IGD bahkan ruang bersalin bisa diakses ketersediannya melalui Aplikasi Mobile JKN. Bukan hanya itu dirinya juga menambahkan setiap peserta JKN-KIS yang akan mendapatkan tindakan operasi, bisa melihat jadwal tindakan operasi nya tersebut melalui aplikasi Mobile JKN.

“Ketika ada pasien peserta JKN-KIS yang ingin berobat kesini cukup daftar antrean melalui Mobile JKN. Ketersediaan seluruh kamar disini juga bisa dilihat jumlahnya lewat aplikasi ini, sampai bagi yang mau operasi pun juga bisa lihat jadwal langsung lewat sini,” jelas Yana.

Di waktu yang sama Arthur Andreas Alfonso selaku Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo mengatakan, RSUD Ainun Habibie ini merupakan rumah sakit pertama di Provinsi Gorontalo yang SIMRS nya sudah terkoneksi langsung dengan Aplikasi Mobile JKN. Arthur juga menyampaikan apresiasi kepada rumah sakit ini yang sudah melakukan digitalisasi layanan untuk mempermudah layanan kepada peserta.

“Saat ini kita memang sedang fokus terhadap digitalisasi layanan, kami mengapresiasi Rumah Sakit Aiunun Habibie karena jadi RS pertama di provinsi ini yang pelayanannya sudah terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN,” kata Arthur. (Iu/yf)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI