Ogan Komering Ulu, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 telah memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi penduduk Indonesia di berbagai wilayah, termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Saat ini telah terdaftar 236.608 peserta JKN-KIS dari 369.567 jumlah penduduk Kabupaten OKU.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten OKU, Fitrianda Aria Sasmita mengingatkan pada peserta JKN-KIS, jika membutuhkan layanan kesehatan agar dapat mengakses FKTP terdaftar terlebih dulu, kecuali dalam kondisi darurat. Baru jika dibutuhkan pelayanan kesehatan lebih lanjut akan dilakukan rujukan sesuai kebutuhan dan indikasi medis peserta ke fasilitas kesesehatan rujukan yang memiliki kompetensi, baik di Kabupaten OKU maupun di luar wilayah Kabupaten OKU. 

“Layanan spesialis yang tersedia di Kabupaten OKU antara lain penyakit dalam, bedah, anak, THT, mata, kulit kelamin. Berdasarkan data yang ada, untuk pelayanan operasi dan anestesiologi saat ini hanya terdapat di RS Noesmir karena rumah sakit lainnya di wilayah setempat masih belum memiliki dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif,” kata Fitrianda, Kamis (15/07).

Fitrianda melanjutkan bahwa BPJS kesehatan juga memiliki aplikasi Mobile JKN yang sangat berguna dan membantu urusan administratif peserta JKN-KIS, apalagi di masa pendemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Melalui aplikasi Mobile JKN yang  dapat dimanfaatkan peserta untuk berbagai layanan yaitu pendaftaran peserta, pengecekan iuran, konsultasi online, pendaftaran online Ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), informasi ketersediaan tempat tidur, penggantian FKTP, screening riwayat penyakit dan Covid, kartu digital JKN  bahkan dapat untuk pengaduan layanan di fasilitas kesehatan. Untuk dapat mengaksesnya peserta tinggal men-download di Playstore atau Appstore,” kata Fitrianda

Untuk pelayanan tanpa tatap muka lainnya, peserta JKN-KIS dapat juga mengakses kanal-kanal seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118750400, Chat Assistant JKN (CHIKA(  di nomor 08118750400 serta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

“Informasi seperti ini dibutuhkan masyarakat sehingga masyarakat juga bisa mengetahui mana saja FKTP dan rumah sakit terdaftar di wilayah Kabupaten OKU serta inovasi apa saja yang ada di BPJS Kesehatan sehubungan dengan pandemi yang melanda sekarang ini. Saya berharap juga masyarakat dapat menjadi lebih bijak dalam menggunakan gadget. Semua terasa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, dari manapun kita bisa mengakses Mobile JKN. Sangat membantu,” ungkap Herbert P. Nainggolan, salah satu peserta JKN-KIS Kabupaten OKU. (RW/df)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI