Jayapura, Jamkesnews - Demi memantapkan sinergi antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam pelaksanaan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap kasus Kecelakaan Lalu Lintas Bersama Jasa Raharja dan FKRTL, Kamis (15/07).

"Kami juga ingin memastikan implementasi tata kelola administrasi terkait klaim kecelakaan lalu lintas berjalan dengan baik. Harapan kami, FKRTL memahami dan melaksanakan pelayanan sesuai dengan kerja sama yang telah disepakati, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan prosedur JKN-KIS,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Faizal Busran.

Faizal juga menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan merupakan penjamin yang kedua dari batas maksimal plafon sampai total biaya pengobatan korban. Ketentuan jaminan yang bisa dijamin oleh Jasa Raharja yakni sampai dengan 20 Juta. Jika korban kecelakaan lalu lintas ganda membutuhkan biaya perawatan di atas dan korban tersebut adalah peserta JKN-KIS, maka BPJS Kesehatan yang akan menanggungnya. Sedangkan Jasa Raharja adalah penjamin pertama sampai dengan batas plafon sesuai dengan ketentuan untuk kasus-kasus kecelakaan lalu lintas serta kecelakaan penumpang angkutan umum. Setelah melewati plafon tersebut, biaya korban dialihkan penjaminannya oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Apabila ada korban kecelakaan lalu lintas yang datang ke rumah sakit, agar segera mengurus surat Laporan Polisi (LP) yang menjadi syarat penjaminan. Diharapkan, pertemuan ini akan semakin memperjelas dimana letak peranan BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan FKRTL dalam hal penjaminan kasus kecelakaan lalu lintas," ujarnya. 

Pertemuan ini mendapatkan sambutan positif dari para perwakilan mitra fasilitas kesehatan yang hadir, salah satunya dari Rumah Sakit Yowari yaitu Ayu. Ayu mengatakan bahwa pertemuan ini sangat bermanfaat karena dirinya dan rekan-rekan perwakilan FKRTL lainnya mendapatkan informasi yang memang dibutuhkan mengenai hal yang dibahas.

“Kami selaku mitra BPJS Kesehatan mendapatkan kepastian informasi mengenai berbagai isu terkini, terutama dalam hal penjaminan kecelakaan lalu lintas dan koordinasi pelayanan kesehatan agar pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS dapat tetap berjalan dengan optimal sesuai dengan komitmen yg sudah disepakati,” tuturnya. (jr)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI