Semarang, Jamkesnews – Sebagai wujud mengutamakan pelayanan prima terhadap pemenuhan hak pasien Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam memperoleh informasi dan mengajukan pengaduan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, BPJS Kesehatan menggelar diskusi bersama dengan petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di seluruh rumah sakit di Kota Semarang dan Kabupaten Demak, Selasa (08/06).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Anif Saofika menjelaskan mengenai pembaruan aplikasi V-Claim yang memuat fitur surat kontrol, surat perintah rawat inap, dan fitur laporan polisi bagi korban kecelakaan lalu lintas yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Sudah sejak lama BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan Satlantas berkoordinasi terkait penjaminan korban lalu lintas. Masyarakat cukup mengurus laporan polisi untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dari Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan,” tutur Anif.

Anif menyampaikan, bahwa korban kecelakaan lalu lintas wajib memastikan kartu JKN-KIS miliknya aktif. Sebagai penjamin kedua BPJS Kesehatan akan menjamin secara otomatis jika plafon pelayanan kesehatan dari Jasa Raharja telah mencapai limit yang telah ditentukan.

Pengelola Informasi dan Pengaduan RSUD KRMT Wongsonegoro, Gunawan menyatakan bahwa sejauh ini di rumah sakit, sistem pengelolaan informasi dan pengaduan telah berjalan dengan lancar. Adanya diskusi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bersama narasumber yang kompeten dirasakan Gunawan sangat bermanfaat bagi petugas pengaduan seperti dirinya.

“Melalui acara ini saya juga dapat informasi baru tentunya seperti penanganan komplain dan info terbaru tentang kepesertaan Program JKN-KIS. Kami juga siap mengedukasi agar peserta tidak segan-segan untuk mencari informasi agar lebih paham mengenai JKN-KIS ini, sehingga pelayanan kesehatanpun sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta JKN-KIS,” tambahnya.

Ia menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir sebab BPJS Kesehatan telah menyediakan berbagai kanal informasi dan pengaduan, mulai dari Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan sebagainya. Selain Petugas PIPP rumah sakit, peserta juga dapat menghubungi petugas BPJS SATU! melalui nama, foto dan nomor telepon seluler petugas BPJS SATU! yang dipajang di rumah sakit.  (ma/hm)