Biak Numfor, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kolektif berupa donasi badan usaha bersama dengan PT Internasional Budi Permata Biak, Jumat (04/06).

Donasi badan usaha ini bertujuan menanggung pembayaran iuran JKN-KIS warga Fandoi. Penandatanganan kerja sama ini, dilakukan di Optik Internasional oleh Store Manager PT Internasional Budi Permata Biak, Komarudin dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak, Haris Prayudi.

"Program JKN-KIS diharapkan terus ada sebagai jaminan sosial pada bidang kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada PT. Internasional Budi Pertama Biak sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan yang telah memberikan donasi melalui dana Corporate Social Responsibility (CRS) yang digunakan untuk pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat di Kelurahan Fandoi,” ujar Haris. 

Program Donasi JKN-KIS adalah program yang dapat diikuti oleh masyarakat secara perorangan atau badan usaha atau lembaga lain dengan tujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungannya melalui kontribusi pendaftaran keluarga untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS.

"Taat bayar iuran menjadi bagian wujud dari peduli, berbagi dan berarti. Kami berharap, program donasi yang dilakukan oleh PT Internasional Budi Permata Biak dapat menginspirasi perusahaan lain untuk memanfaatkan dana CSR yang dimiliki untuk membantu masyarakat," katanya. 

Segmen peserta yang menjadi sasaran program ini adalah peserta segmen PBPU atau juga dikenal dengan peserta mandiri. Jumlah peserta menunggak pada segmen ini tidak sedikit, banyak faktor penyebab bisa dikarenakan keterbatasan ekonomi, otomatis jika menunggak dan tidak dibayarkan maka kepesertaan JKN-KIS mereka akan tidak aktif.

“Namun dengan program dana donasi perusahaan tadi, dimungkinkan untuk dapat menyelesaikan tunggakan masyarakat tersebut, sehingga setelah tunggakan telah diselesaikan mereka dapat melanjutkan kembali kepesertaan dan kartu diaktifkan. Selain itu juga iuran kepesertaan mereka terjamin setidaknya sampai satu tahun ke depan,” jelas Haris.

Sementara itu, Komarudin sebagai pihak mitra dalam kerja sama kali ini mengatakan bahwa pihaknya memang mempersiapkan program CSR yang salah satu tujuannya untuk mendukung program pemerintah.

“Salah satu implementasi mendukung JKN-KIS ini adalah dengan memastikan warga sekitar terjamin aktif sebagai peserta JKN-KIS dengan jangka waktu satu tahun ke depan,” tutur Komarudin. (hs)