Nias Barat, Jamkesnews – Demi memastikan masyarakat Nias Barat mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan berkualitas, Rumah Sakit (RS) Pratama Kabupaten Nias Barat dan Puskesmas Rawat Inap Ambukha tandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan BPJS Kesehatan. Penandatanganan PKS ini disaksikan Wakil Bupati Nias Barat serta dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Nias Barat, Direktur RS Pratama Nias Barat, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat, dan Kepala Puskesmas sekabupaten Nias Barat pada Selasa (08/06).

Dalam sembutannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Mahyuddin menyampaikan apresiasi atas kerja keras pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah memberikan dukungan atas keberlangsungan Program JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan.

Mahyuddin juga menyampaikan melalui kerja sama di antara para pihak ini, diharapkan mampu berdampak terhadap peningkatan mutu kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias Barat.

“Kami merasakan sinergi yang erat dengan pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah mensupport penegakan regulasi dan kebijakan Program JKN-KIS. Kerja sama dengan RS Pratama dan Puskesmas Rawat Inap Ambukha menjadi salah satu wujud nyata dukungan pemerintah kabupaten Nias Barat,” tutur Mahyuddin.

Lebih lanjut Mahyuddin menyampaikan dalam proses penandatanganan ini pihaknya telah melakukan proses kredensialing fasilitas kesehatan (Faskes) guna memastikan faskes yang bekerja sama telah memenuhi standar pemberi layanan kesehatan sesuai regulasi yang berlaku.

“Kami telah melakukan proses kredensialing kepada faskes yang bekerja sama dengan kami. Hal ini guna memastikan pemberi layanan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Untuk itu terima kasih kepada RS Pratama dan Puskesmas Ambukha yang telah memenuhi standar kerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN-KIS,” jelas Mahyuddin.

Sejalan dengan semangat masyarakat sehat, Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah harus memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat.

“Pemerintah Nias Barat berfokus kepada pelayanan kesehatan yang unggul. Unggul dalam pelayanan kesehatan ini dapat diwujudkan melalui pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan standar pelayanan medis,” tutur Era.

Lebih lanjut, Era menerangkan bahwa RS Pratama Nias Barat diresmikan pada tanggal 1 Desember 2020 dan telah beroperasi dan melayani masyarakat Kabupaten Nias Barat. Dibekali dengan tenaga medis berjumlah 80 orang, Wakil Bupati Nias Barat optimis dapat memberikan pelayanan yang semakin berkualitas.

“Sejak diresmikan, RS Pratama telah melayani 1308 jiwa. Kami optimis jumlah ini akan terus bertambah seiring berlangsungnya kerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN-KIS. Bagi kami perjanjian kerja sama ini menjadi awal dari keberlangsungan pelayanan kesehatan yang baik, paripurna, dan berkeadilan,” jelas Era.

Diakhir sambutannya Era berpesan agar pemberi layanan kesehatan memberikan pelayanan yang prima dan memberikan kemudahan bagi masyarakat, karena menurutnya semangat dari JKN-KIS ini adalah pelayanan kesehatan yang membantu masyarakat. Ia juga berpesan agar petugas di fasilitas kesehatan wajib memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana, tenaga medis, ketersedian obat-obatan, dan pendukung administrasi lainnya.

“Saya titip perjalanan kerja sama ini agar belangsung dengan maksimal. Kita manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat. Perhatikan seluruh aspek yang menyangkut mutu layanan, agar masyarakat merasakan manfaat dari pelayanan kita,” tutup Era. (HA/ty)