Bengkalis, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Dumai melakukan sosialisasi di Desa Berancah, Kabupaten Bengkalis, sebagai upaya edukasi Program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada peserta BPJS Kesehatan di Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Senin (06/06).

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Dumai melalui petugas BPJS Kesehatan, Rudi M. Siregar.

"Ini adalah sosialisasi pertama kita setelah lebaran 1442 H lalu, diharapkan masyarakat mengikuti sosialisasi yang kami selenggarakan dengan serius karna banyak informasi penting yang akan kami sampaikan," ujar Rudi.

Kepala Desa Berancah yang diwakili oleh Sektretaris Desa, Edi Nurdiansyah mengapresiasi kunjungan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Dumai. Ia memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada para peserta untuk menanyakan hal terkait Program JKN-KIS.

"Saya sangat berterimakasih atas kunjungan BPJS Kesehatan di desa kami, Desa Berancah, Kabupaten Bengkalis. Dan kepada seluruh peserta dipersilahkan aktif bertanya kepada pak Rudi perwakilan dari Kantor Cabang Dumai," kata Edi dalam pembukaan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Berancah.

Hal ini terlihat dari besarnya animo masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya Desa Berancah untuk ikut sosialisasi ini serta mendapatkan banyak informasi seputar pentingnya menggunakan layanan Program JKN-KIS yang dicanangkan oleh Pemerintah dan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara, sesuai amanat UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Salah satunya, masyarakat tak perlu membayar tagihan setiap akan berobat. Dengan membayar iuran bulanan, seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan golongan penyakit yang sudah dijamin.

Adapun manfaat penting lainnya dari Program JKN-KIS ini bagi peserta Penerima Bantuan Iuran dari APBD Kabupaten Bengkalis ialah dapat meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang layak.

"Kami bersyukur dengan adanya program JKN-KIS ini, kami mendapatkan layanan kesehatan yang benar-benar membantu keluarga kami," ucap Saleh salah seorang peserta PBI.

BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkalis selaku penyelenggara wilayah Desa Berancah turut meringankan dengan memberikan fasilitas kesehatan yang dekat dengan domisili para peserta.

"Iya, untuk pergi berobat kami tak perlu jauh-jauh. Di Puskesmas sini saya dan keluarga sudah bisa berobat hanya dengan membawa kartu keluarga yang sudah ditulis nomor BPJS-nya," tutur Saleh.

Terakhir penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari BPJS Kesehatan melalui Rudi M. Siregar kepada masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBD Kabupaten Bengkalis yang diterima langsung oleh Sektretaris Desa, Edi Nurdiansyah.