Kabupaten Sorong, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Dinas Kesehatan Koarmada III untuk memberikan akses pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi peserta JKN-KIS di Balai Kesehatan DR. dr. Tarmizi Taher Kabupaten Sorong, Rabu (02/06). Adapun Balai Kesehatan TNI Angkatan Laut Dr. dr. Tarmizi Taher Katapop ini sendiri diresmikan pada Januari 2021 lalu. 

“Alhamdulillah, setelah melewati berbagai persiapan sejak bulan Maret 2021, secara resmi Balai Kesehatan DR. dr. Tarmizi Taher dapat menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan terkait pelayanan kesehatan tingkat pertama dalam hal ini sebagai klinik pratama untuk wilayah sekitar Koarmada III Kabupaten Sorong. Harapan kami, kehadirannya sebagai mitra BPJS Kesehatan bisa memperluas akses palayanan kesehatan bagi masyarakat setempat,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu.

Yoga menambahkan, dselain untuk memperluas cakupan fasilitas kesehatan yang bekerja dengan BPJS Kesehatan, keberadaan Balai Kesehatan DR. dr. Tarmizi Taher juga diharapkan bisa mempermudah prajurit TNI dan keluarganya di wilayah Mako Koarmada III Katapop, Salawati, Kabupaten Sorong yang hendak berobat atau memerlukan layanan kesehatan.

“Kebetulan jarak untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdekat untuk sekelas klinik ataupun dokter keluarga lumayan jauh. Dengan adanya balai kesehatan di wilayah katapop ini dapat memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar. Kami harapkan secara bertahap, Balai Kesehatan dapat melengkapi sarana prasananya menjadi lebih baik lagi agar pelayanan JKN-KIS ke depannya dapat lebih maksimal,” tambah Yoga.

Di sisi lain, Kadiskes Koarmada III, dr. Donny Susilawardana menanggapi dengan positif harapan BPJS Kesehatan menjadikan Balai Kesehatan sebagai FKTP yang optimal dalam menjalankan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN-KIS.

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan atas bantuannya dalam proses tercapainya kerja sama ini sehingga dapat terealisasikan. Kami siap berkoordinasi dan meningkatkan sarana prasarana secara bertahap untuk peningkatan mutu pelayanan di sini,"ungkapnya.(TR/ws)