Selong, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Selong terus memperkuat sinergi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong sebagai langkah untuk mengoptimalkan Program JKN-KIS. Hal tersebut dilakukan juga sebagai dasar untuk sinkronisasi data dan pencatatan iuran wajib peserta di lingkungan pemerintahan.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Selong Luh Putu Ganita Sumartini menyampaikan bahwa sinergi antara BPJS Kesehatan Cabang Selong dengan KPPN Selong telah dilaksanakan sejak lama. Menurutnya, kerjasama yang dibangun antara BPJS kesehatan dengan KPPN Selong sangat penting dilakukan karena pencatatan pembayaran iuran Pegawai Negeri Sipil (PNS) masuk melalui KPPN.

“Data ini termasuk data iuran wajib PNS, Pemda, PPNPN Desa yang pembayarannya menggunakan simponi, jadi segala pembayaran iuran PPU Penyelenggara Negara masuk ke kas negara,” ucap Ganita.

Ganita menyampaikan, hingga saat ini, pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPPN Selong apabila masing-masing membutuhkan data kepesertaan untuk menyinkronissi iuran kepesertaan JKN-KIS. Dengan begitu, Ganita berharap sinergi yang dibangun dengan KPPN Selong semakin meningkat sehingga data pencatatan iuran di lingkungan pemerintahan dapat berjalan optimal. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala KPPN Selong Endah Proborini menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin selama ini sudah sangat baik.

“Allhamdulillah kerja sama selama ini terjalin baik seperti halnya koordinasi yang sangat baik pula. Jika ada permasalahan, secepat mungkin kami selesaikan dan carikan jalan keluar,” ujar Endah pada Selasa (04/05).

Endah menyampaikan harapannya untuk BPJS Kesehatan Cabang Selong dalam hal berkoordinasi dan pelayanan untuk peserta JKN -KIS yang sudah baik agar semakin ditingkatkan lagi.

“BPJS Kesehatan Cabang Selong agar terus meningkatkan sosialisasi tentang kewajiban membayar iuran JKN - KIS supaya masyarakat lebih patuh dan disiplin dalam membayar iuran JKN – KIS,” tutupnya. (dh/ay)