Sukabumi, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi mengadakan pertemuan Evaluasi Pelaksanaan Fungsi Pengelolaan Informasi Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit Wilayah Kantor Cabang Sukabumi Tahun 2021, Jumat (30/04). Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh petugas PIPP rumah sakit mitra BPJS Kesehatan yang mencakup wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

”Kegiatan evaluasi dan monitoring pelaksanaan PIPP di rumah sakit ini penting karena kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi tujuan utama yang sangat krusial, yang harus didukung pelaksanaannya tentunya dengan sinergi terbaik antara petugas BPJS Kesehatan dan juga petugas mitra kerja dirumah sakit,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini.

Dwi juga menyampaikan bahwa rumah sakit adalah mitra strategis yang diharapkan mempunyai kesamaan visi untuk menjadikan kepuasan peserta sebagai prioritas utama, sehingga sepatutnya berupaya bersama untuk menjaga dan meningkatkan pelaksanaan pelayanan yang terbaik untuk peserta.

“Komunikasi antara para petugas PIPP harus lebih terjaga pula sinerginya, dapat saling mengingatkan potensi keluhan peserta dan selalu sigap dalam menangani keluhan peserta,” himbau Dwi.

Dwi juga menekankan kepada seluruh petugas PIPP yang hadir untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam melakukan entry kasus permintaan informasi dan pengaduan peserta melalui Aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP) sesuai kondisi yang ada. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemenuhan jangka waktu penyelesaiannya.

"Karena keluhan yang tidak terselesaikan berpengaruh signifikan tidak hanya kepada citra BPJS Kesehatan ataupun rumah sakit mitra, tetapi kepada pelayanan JKN-KIS secara keseluruhan, maka sudah seharusnya menjadi awareness bersama," tambah Dwi.

Kegiatan evaluasi yang dilakukan tersebut mendapat respon positif dari salah satu petugas PIPP yang hadir. Nurul mengakui bahwa informasi yang disampaikan BPJS Kesehatan sangat penting untuk dipahami oleh seluruh petugas PIPP. Hal tersebut ia ungkapkan karena nantinya sistem tersebut sangat mendukung fungsi petugas PIPP di rumah sakit.

“Dengan adanya pertemuan evaluasi seperti ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai feedback untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” ungkap Nurul.

Selain itu, ada beberapa kanal - kanal pelayanan informasi dan penyampaian keluhan peserta dengan akses lebih mudah dan cepat, seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Satu, Voice Interactive JKN (VIKA) dan Chat Assistant JKN (CHIKA), serta BPJS SATU! atau BPJS Kesehatan Siap Membantu adalah Petugas Pemberi Informasi dan Pengaduan (PPP). Kanal – kanal tersebut memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi tentang kepesertaan, pembayaran iuran, pelayanan di fasilitas kesehatan serta penyampaian keluhan peserta.

 (BS/ne)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI